Suhu Udara di Cilacap Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

Suhu Udara di Cilacap Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

Kondisi cuaca terik di Cilacap, Kamis (2/11/2023). -RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebagian wilayah Indonesia mengalami fenomena suhu panas dalam beberapa hari terakhir, termasuk di Kabupaten CILACAP

Menurut Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo, dalam dua hari terakhir, berdasarkan pantauan, suhu udara tercatat maksimal 32 derajat.

"Suhu udara tersebut masih normal di bulan November 2023 ini," katanya, Kamis (2/11/2023).

Teguh mengatakan, hal yang menyebabkan kondisi terasa menyengat adalah karena sinar matahari langsung menyinari bumi tanpa penghalang. 

BACA JUGA:Penertiban Baliho dan Banner di Wilayah Kecamatan Maos, Cilacap, 68 Banner Ditertibkan

BACA JUGA:Waspada, Kabupaten Cilacap Jadi Target Peredaran Obat-Obatan Terlarang

"Pantauan dari citra satelit, tutupan awan sangat minim sekali. Sehingga mengakibatkan sinar matahari langsung diterima bumi," ujarnya.

Selain itu, berdasarkan pantauan kondisi hujan di Kabupaten Cilacap sampai dengan 1 November 2023, curah hujan masih sangat kecil di beberapa wilayah. Bahkan secara umum di Cilacap dikatakan tidak terjadi hujan sama sekali.

Dijelaskan Teguh, bila dilihat prakiraan hujan untuk bulan November 2023, untuk wilayah Cilacap barat kisaran  101 - 150 mm, untuk tengah kisaran 101 - 200 mm, dan untuk wilayah timur kisaran 201 - 300 mm.

"Artinya bahwa awal musim hujan, secara umum diprakirakan terjadi pada bulan November 2023. Prakiraan sifat curah hujan bulan November 2023 di bawah normal," jelas Teguh.

Pada dasarian 1 November ini, diprakirakan ada potensi hujan dengan intensitas ringan - sedang, yang kadang disertai petir. Masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap ancaman bencana hidrometeorologi yang dapat terjadi. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: