Pendapatan Sebagian Desa Kawasan Perkotaan Ajibarang, Banyumas, Ditopang Sektor Parkir

Pendapatan Sebagian Desa Kawasan Perkotaan Ajibarang, Banyumas, Ditopang Sektor Parkir

Pengelolaan parkir bekerjasama dengan berbagai pihak menjadi bentuk usaha yang dijalankan desa-desa di wilayah kawasan perkotaan Ajibarang.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pendapatan sebagian desa-desa di wilayah kawasan perkotaan Ajibarang, BANYUMAS, ditopang dari sektor Perpakiran.

Letak Tanah Kas Desa (TKD) yang strategis di kantong-kantong keramaian, dimanfaatkan desa melalui BUMDesnya untuk menjalin kerjasama menopang pendapatan desa.

Seperti di wilayah Ajibarang. Selain Desa Ajibarang Wetan yang bekerjasama dengan puskesmas dalam pengelolaan parkirnya, Desa Pandansari juga bekerjasama dengan sekolah dalam sektor perpakiran.

Kepala Desa Pandansari, Teguh Utomo mengatakan, tidak memiliki obyek wisata sendiri. Pihaknya berupaya menggali pendapatan asli desa melalui berbagai usaha yang dikelola BUMDes. Mulai dari kolam ikan, peternakan bebek, hingga pengelolaan perparkiran.

BACA JUGA:Realisasi Identitas Kependudukan Digital di Kecamatan Somagede Baru Dua Persen

BACA JUGA:Jalan Raya Baturraden Tiba-Tiba Retak, Ini Penjelasan DPU Banyumas

"Obyek wisata yang milik desa sendiri, Pandansari tidak punya. Embung Kanoman bukan milik desa," katanya.

Teguh menjelaskan, di tengah kendala pada usaha kolam ikan dan peternakan bebek yang sempat dikelola BUMDes, pengelolaan perparkiran bekerjasama dengan salah satu sekolah menjadi salah satu penopang pendapatan asli desa.

"Alhamdulillah untuk pengelolaan parkir dengan sekolah masih berjalan," terang dia.

Disinggung terkait rencana alih pemanfaatan TKD di daerah Tonjong dimana usaha peternakan bebek dan kolam ikan masih terkendala, dirinya masih mengupayakan tambahan modal.

"Selain itu juga ada rencana untuk rekonsiliasi BUMDes," pungkas Teguh. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: