1,9 Juta Wisatawan Kunjungi Purbalingga, Mendekati Target Tahun 2023

1,9 Juta Wisatawan Kunjungi Purbalingga, Mendekati Target Tahun 2023

Pertunjukan band Kotak di sela-sela kegiatan AGF di Golaga. Kegiatan yang digelar untuk menarik wisatawan ke Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 1,911 juta wisatawan mengunjungi Kabupaten PURBALINGGA, sepanjang tahun 2023. Jumlah tersebut mendekati target kunjungan wisatawan tahun 2023 sebanyak 2,1 juta.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga Prayitno mengatakan, data kunjungan bulan Januari hingga September 2023, total 1.911.970 kunjungan wisatawan di Kabuaten Purbalingga.

"Jumlah tersebut terdiri dari 1.911.966 kunjungan wisnus (wisatawan nusantara, red) dan empat wisman (wisatawan mancanegara, red)," katanya kepada Radarmas, Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Bantu Tujuh Sumur Bor di Banyumas; Air Mengalir Warga Bersyukur

Dia menjelaskan, jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Purbalingga tersebut, sudah mendekati target kunjungan wisatawan yang ditetapkan pada tahun 2023.

"Targetnya 2,1 juta sampai bulan Desember (2023, red). Jumlah tersebut sesuai target RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, red)," jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya optimis target kunjungan wisatawan pada tahun ini, bisa tercapai. Sebab, masih ada dua bulan lagi sebelum pergantian tahun.

BACA JUGA:Pengelolaan Keuangan Desa di Delapan Desa Wilayah Ajibarang, Banyumas, Akan di Monitoring Evaluasi

"Bulan Oktober ini, masih berjalan. Jadi masih belum terekap," ujarnya.

Dia menjelaskan, khusus untyk kunjungan bulan Septemeber 2023 total sebanyak 162.283 kunjungan wisnus. Sedangkan, kunjungan wisman pada bulan September nihil.

Dia juga mengungkapkan, hingga September 2023, total pendapatan sudah mencapai Rp 25,776 miliar. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga terus menggenjot sejumlah even, untuk mendatangkan wisatawan ke Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Penyaluran PMT Baduta Stunted di Banyumas Temui Kendala

Salah satunya adalah Fashion Show Amazing Golaga Festival (AGF) di kompleks Goa Lawa Purbalingga (Golaga), 28-29 Oktober 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: