Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Keluarga

Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Keluarga

Tips cara menghadapi perbedaan pendapat saat diskusi keluarga.-Fahma Ardiana-

Ketika kamu tidak setuju dengan pendapat yang disampaikan salah satu anggota keluargamu, usahakan untuk tetap mendengarkan pendapat tersebut. 

Setelah itu jaga kata-kata yang diucapkan agar tidak melewati batas. Mungkin hal tersebut terasa cukup sulit dilakukan saat kamu emosi dan marah, namun kamu harus tetap mencoba untuk melakukannya. 

Selain membuat diskusi berjalan lancar, dengan mendengarkan pendapat satu sama lain juga dapat menciptakan rasa saling menghargai. 

4. Coba Pahami Pendapat Anggota Keluarga Lain

Perbedaan pendapat tentunya bisa menimbulkan respon buruk ataupun keinginan untuk memaksakan pendapat pribadi. Maka dari itu alangkah baiknya coba tanyakan pendapat keluarga mengenai topik yang dibahas karena akan membuat kamu memahami cara berpikirnya dan tahu alasan dari pendapatnya. 

Sementara itu, kamu juga bisa mencari hal dasar sama-sama keluargamu percayai. Hal ini akan membantu menumbuhkan rasa saling percaya antaranggota keluarga agar diskusi bisa berjalan lancar meskipun terdapat perbedaan pendapat.

BACA JUGA:Acara TV Indonesia yang Lucu dan Tidak Membosankan, Cocok Untuk Tontonan Keluarga

BACA JUGA:Rekomendasi Variety Show Korea yang Lucu dan Sangat Menghibur

5. Jujur tentang Apa yang Kamu Rasa

Situasi diskusi bisa saja menjadi semakin memanas dan dapat memengaruhi perasaan, seperti marah, takut, kaget, stres, tersinggung, ataupun tidak dihargai. Jika memungkinkan, luangkanlah waktu untuk mengidentifikasi hal yang kamu rasakan agar tau apa yang harus dilakukan saat menghadapi diskusi ini. 

6. Tidak Ikut Diskusi Jika sedang Tak Sanggup Menghadapinya

Diskusi bisa menjadi momen endengarkan semua pendapat anggota keluarga lainnya tanpa membatasi hal yang ingin disampaikan. Namun, perasaan kamu juga penting maka tidak apa-apa untuk tidak mengikuti diskusi dulu jika kamu merasa topik yang dibahas dapat membuat kondisi mentalmu terdampak. 

BACA JUGA:Running Man Mingu Depan Bakal Hadirkan BSS, Cek Episode Running Man Lain yang Bikin Ngakak

BACA JUGA:Rekomendasi Episode GOING SEVENTEEN Terlucu yang Viewersnya Tembus 10 Juta

7. Menyisipkan Lawakan dalam Diskusi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: