Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Keluarga

Tips Menghadapi Perbedaan Pendapat dalam Keluarga

Tips cara menghadapi perbedaan pendapat saat diskusi keluarga.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam sebuah keluarga tentunya sering dilakukan siskusi keluarga untuk menentukan sebuah keputusan bersama. Seperti untuk menentukan rencana liburan, memutuskan pindah rumah, dan memutuskan hal lainnya. 

Namun terkadang, diskusi keluarga menjadi suatu hal yang tidak mudah. Karena pasti akan ada perbedaan pendapat yang akan menjadi tantangan tersendiri untuk setiap keluarga. 

Lalu bagaimana cara mengatasi perbedaan pendapat dalam keluarga ? Dibawah ini adalah tips saat menghadapi perbedaan pendapat dalam keluarga :

BACA JUGA:Tips Agar Kakak dan Adik Selalu Akur

BACA JUGA:Rekomendasi Mobil Keluarga Terbaik, Cocok Untuk Liburan

1. Diskusikan Permasalahan Secara Langsung

Di jaman ini sudah banyak media untuk berkomunikasi dengan orang lain, seperti group chat, e-mail, ataupun media sosial lainnya. Namun ternyata menggunakan fasilitas tersebut cenderung kurang efektif apabila untuk mendiskusikan permasalahan penting. 

Karena kamu hanya membaca tulisan mereka tanpa bisa mengetahui nada bicara, bahasa tubuh, dan juga ekspresi wajah. Maka dari itu, lebih baik diskusikan permasalahan keluarga secara langsung atau minimal melalui telefon agar bisa saling mendengar suara satu sama lain.

2. Pilih Waktu yang Tepat

Diskusi akan berjalan sulit apabila masing-masing anggota keluarga saling keras kepala, apalagi kalau salah satu dari mereka sedang stres atau ada masalah pribadi. Saat situasi sedang seperti ini, lebih baik diskusi keluarga dibatalkan dan dilakukan di lain waktu. 

Membahas masalah saat frustrasi juga justru akan membuat masalah semakin runyam. Jika memang butuh waktu untuk menenangkan diri sementara waktu, maka lakukanlah agar nantinya bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

BACA JUGA:Tips Liburan Keluarga yang Hemat Sekaligus Menyenangkan

BACA JUGA:Ide Games Seru yang Bisa Dimainkan Bersama Saat Kumpul Keluarga

3. Saling Mendengarkan Pendapat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: