Mengenal Kuliner Khas Cilacap Brekecek Pathak Jahan Lengkap dengan Resep

Mengenal Kuliner Khas Cilacap Brekecek Pathak Jahan Lengkap dengan Resep

Mengenal Kuliner Khas Cilacap Brekecek Pathak Jahan Lengkap dengan [email protected]

RADARBANYUMASDISWAY.ID-Kuliner Khas Cilacap brekecek pathak jahan telah resmi menjadi makanan khas Cilacap berdasarkan Surat Keputusan Bupati Cilacap Nomor 556/501/18/Tahun 2014 tepat pada tanggal 6 November 2014. Harga satu porsi brekecek pathak jahan biasanya berkisar Rp 22.000 sampai Rp 30.000 saja.

Nama brekecek ini diambil dari kata 'brek' yang artinya yaitu dijatuhkan dan 'kecek' yang artinya yaitu dicampur. 

Kata 'pathak' atau yang artinya kepala, menjukan makanan khas Cilacap ini hanya menggunakan bagian kepala ikan saja untuk dimasak. Kemudian nama 'jahan' diambil dari jenis ikan jahan yang memang menjadi bahan utama masakan khas Cilacap ini.

Kuliner khas Cilacap ini cukup populer di kalangan wisatawan, brekecek pathak jahan  ini memiliki kuah berwarna merah agak kekuningan yang cenderung pedas berpadu dengan kepala ikan yang gurih.

BACA JUGA:UMP Resmi Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2024, Siswa SMA Kelas XII Sudah Ada yang Registrasi

Dan Sensasi menyeruput daging di antara tulang kepala ikan jahan inilah yang membuat brekecek pathak jahan disukai banyak kalangan wisatawan dan warga lokal.

Brekecek ikan pathak jahan ini menggunakan bahan utama ikan dari laut yaitu ikan jahan, yang menjadi komoditas di Kabupaten Cilacap.

Ikan jahan sering dipilih menjadi bahan utama untuk brekecek dan yang digunakan hanya kepala saja. Istilah brekecek muncul berawal dari proses pembuatan makanan itu sendiri.

Proses pembuatan brekecek pathak jahan bisa dibilang cukup mudah karena bumbu yang digunakan adalah bumbu dapur. Berikut ini resep membuat brekecek ikan pathak jahan khas Cilacap, Simak selengkapnya.

BACA JUGA:Sugeng Suparwoto Serap Aspirasi Masyarakat Cilacap, Jelaskan Pentingnya Sistem Demokrasi Pancasila

Bahan yang dibutuhkan yaitu:

- 1 kg ikan pathak jahan

- 1 serai yang sudah dimemarkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: