Angkutan Lokal Bakal Diakomodir Masuk Terminal Bus Bobotsari

Angkutan Lokal Bakal Diakomodir Masuk Terminal Bus Bobotsari

Lokasi lama yang saat ini masih dipakai mangkal di Terminal Bus Tipe A Bobotsari.-DOK AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyelesaian terminal bus Tipe A di Bobotsari masih berlangsung. Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten PURBALINGGA akan berupaya agar angkutan umum lokal seperti angkutan kota, angkudes dan bus antar kota dalam provinsi bisa masuk terminal milik pusat itu.

"Kabar terbaru dari perwakilan Dinas Perhubungan Provinsi, pembangunan diteruskan dan akan dirampingkan dalam tahun 2023 ini," kata Kepala Dinhub Kabupaten Purbalingga, Raditya Widayaka, Kamis 26 Oktober 2023.

Menurutnya, angkutan lokal sebagai penyumbang akses angkutan umum lainnya harus tetap diakomodir. Nantinya akan ditempatkan mangkal di sisi timur maupun barat, tergantung keputusan pengelola terminal.

BACA JUGA:Jadi Temuan, Honor Pengelolaan Dana BOS di Purbalingga Harus Dikembalikan Negara

"Saat ini harus dimaklumi angkutan kota dan angkudes serta bus AKDP banyak yang mangkal di luar terminal. Karenanya, harus kembali diwadahi dengan adanya terminal yang semakin representatif," tambahnya.

Raditya menjelaskan, karena terminal itu kewenangan pusat, maka pihaknya akan mengikuti aturan main dari sana. Jelas semua akan melalui koordinasi yang matang. Selain itu, untuk mewujudkan pengelolaan angkutan umum yang lebih tertib.

Lebih lanjut dikatakan, Terminal Bus Bobotsari merupakan origin destination (OD) yakni tempat pemberangkatan dan tujuan. Terlebih terminal tersebut sangat berpotensi. Potensi semakin terbuka karena sekarang ada tol Pemalang.

BACA JUGA:Diduga Cabuli Anak, Warga Batur, Banjarnegara Dikeroyok Massa

Sesuai informasi dari pusat, setiap hari ada 40 bus yang berhenti di Terminal Bobotsari. Untuk diketahui, pembangunan lanjutan Terminal Bus Tipe A Bobotsari Kecamatan Bobotsari, dipastikan tahun ini masih berjalan. Kondisi saat ini sudah terwujud gedung dan area fisik yang menunggu penyelesaian fasilitas lainnya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: