Cegah Perundungan, Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Cegah Perundungan, Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Wujudkan Sekolah Ramah Anak

Kepala Dinas P dan K Cilacap Sadmoko Danardono.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID  - Ramainya kasus perundungan yang melibatkan murid salah satu SMP di Kabupaten CILACAP yang terjadi beberapa waktu lalu, membuat Dinas P dan K Kabupaten CILACAP mengambil langkah strategis dengan pembentukan Sekolah Ramah Anak.

Kepala Dinas P dan K Kabupaten Cilacap Sadmoko Danardono mengatakan, seluruh sekolah dasar dan SMP di Cilacap sudah mendeklarasikan diri anti terhadap perundungan, untuk mewujudkan sekolah ramah anak.

"Tujuannya untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman. Aman untuk gurunya, aman juga untuk muridnya. Serta sehat dan menyenangkan," katanya, Selasa (24/10/2023).

Sadmoko menuturkan, melalui program sekolah ramah anak ini, sekolah tidak hanya akan memberikan pendidikan formal saja. Tapi juga diberikan pendidikan karakter. Sehingga kejadian perundungan yang terjadi beberapa waktu lalu tidak terjadi kembali.

BACA JUGA:Antisipasi Kasus Perundungan, Sekolah di Nusawungu, Cilacap, Data Anak Berkebutuhan Khusus

BACA JUGA:Korban Perundungan di Cimanggu, Cilacap, Belum Tentukan Akan Bersekolah kembali di Tempat yang Sama

"Jadi anak tidak hanya cerdas saja akan tetapi memiliki karakter yang kuat serta disiplin," tegasnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu dibudayakan di sekolah untuk memberikan pendidikan karakter. Yaitu penanaman nilai keimanan, ketaqwaan, kejujuran, disiplin, kerja keras, saling tolong-menolong, dan saling menghormati satu sama lain, meskipun berbeda agama.

"Nilai-nilai itu yang akan kita kembangkan untuk memberikan pendidikan karakter kepada murid pada sekolah ramah anak. Jadi selain pintar, mereka akan memiliki karakter yang baik," lanjutnya.

Diketahui, seluruh sekolah dibawah naungan Dinas P dan K Kabupaten Cilacap secara marathon sudah mendeklarasikan diri anti terhadap perundungan serta menjadi sekolah ramah anak. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: