Universitas Perwira Purbalingga Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Limbah Kayu Lapis

Universitas Perwira Purbalingga Lakukan Pendampingan Pemanfaatan Limbah Kayu Lapis

Universitas Perwira Purbalingga (UNPERBA) melakukan pendampingan pemanfaatan limbah kayu lapis Longcore dengan inovasi Oven Biomassa di Desa Sempol Kabupaten Wonsobo.-Tim Pengabdian Masyarakat UNPERBA untuk Radarmas-

"Proses produksi longcore selama ini masih dilakukan secara sederhana, hanya mengandalkan panas dari cahaya matahari. Cuaca mendung dan hujan menyebabkan proses penjemuran menjadi lebih lama. Dengan menggunakan Oven Biomassa, pengeringan longcore lebih maksimal dan tak terganggung cuaca," kata Lingga Arti Saputra.  

Inovasi teknologi ini mengunakan bahan bakar biomassa dari sampah sisa pemotongan longcore itu sendiri. Sampah sisa pemotongan longcore yang selama ini hanya menjadi masalah lingkungan diharapakan dapat diminimalisir.

BACA JUGA:Uforia Fest 2022, Universitas Perwira Purbalingga Gelar Turnamen Mobile Legend

Tentang pemasaran, selama ini masih mengandalakan pengepul tunggal. Sehingga, harga cendrung rendah dan proses tunggu terlalu lama. Proses tunggu terlalu lama juga berakibat longcore mengalami kerusakan.

"Dari hasil diskusi yang juga melibatkan pihak mitra, ada kesepahaman bahwa pemasaran perlu dilakukan dengan kerjasama dengan pihak industri kayu lapis, dan harus kesepakan-kesepakan tertentu. Pihak mintra digharapkan jadi salah satu perusahaan yang mau menerima hasil longcore secara langsung," ujar Lingga Arti Saputra pula. (jud/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: