Biaya Tinggi, Minat Masyarakat Umrah Melalui Bandara JBS Purbalingga Minim

Biaya Tinggi, Minat Masyarakat Umrah Melalui Bandara JBS Purbalingga Minim

Pemberangkatan umrah yang dilaksanakan oleh KBBU Buana Multazam, biro umrah yang dikelola PCNU Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masyarakat masih belum berminat melaksanakan umroh melalui Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga. Sebab, biaya melalui bandara JBS sebagai feeder umrah, masih sangat tinggi.

Hal itu Direktur KBIHU Buana Multazam PurAman Waliyudin saat pemberangkatan jamaah umrah di Kantor PCNU Kabupaten Purbalingga, Rabu, 18 Oktober 2023.

"Masyarakat yang menanyakan umrah melalui Bandara JBS sudah banyak. Tetapi ketika kami berikan rincian biayanya, masyarakat jadi tak minat. Karena selisihnya cukup tinggi," kata pria yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purbalingga ini.

BACA JUGA:Cincin Sulit Dilepas, Warga Kesugihan Datangi Damkar Cilacap

BACA JUGA:Membanggakan, Empat Atlet Paragames Cilacap Ikut Asian Paragames ke IV di China

Dia menjelaskan, selisih biaya melalui Bandara JBS dan menggunakan bus cukup tinggi, yakni mencapai Rp 3 juta. "Sebagian besar lebih berminat dengan perjalanan darat ke Jakarta, sebelum terbang ke tanah suci," katanya.

Atas dasar itu, pihaknya masih belum membuka umroh melalui Bandara JBS. Sebab, saat ini untuk melaksanakan umrah semakin mudah dan dekat.

Yakni, dengan dibukanya perjalanan umrah melalui Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. "Jadi menjalankan ibadah umrah menjadi semakin dekat dan biayanya lebih terjangkau," ujarnya.

BACA JUGA:Membanggakan, Empat Atlet Paragames Cilacap Ikut Asian Paragames ke IV di China

BACA JUGA:Wilayah Kota Cilacap Minim Jembatan Darurat untuk Evakuasi Bencana Alam, Ini Langkah BPBD Cilacap

Namun, ke depan pihaknya membuka peluang umrah melalui Bandara JBS, jika permintaan masyarakat semaki banyak. "Bisa jadi kami membuka umrah VIP, yang melalui Bandara JBS. Namun, untuk saat belum," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Purbalingga Herni Sulasti mengatakan, stakeholder harus jeli melihat berbagai peluang untuk mengoptimalkan Bandara JBS. 

Salah satunya adalah dengan melaksanakan ibadah umrah melalui Bandara JBS. Saat ini, fasilitasi feeder umrah melalui Bandara JBS, baru dilakukan oleh satu biro umrah. 

BACA JUGA:Kecamatan Ajibarang, Banyumas, Rawan Longsor, Tim Kesiapsiagaan Bencana Sampai Tingkat Desa Dikukuhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: