Empat Desa di Sumpiuh Miskin Ekstrem

Empat Desa di Sumpiuh Miskin Ekstrem

Di wilayah Kecamatan Sumpiuh terdapat sedikitnya empat desa yang masuk dalam kategori miskin ekstrim dari total 14 desa/kelurahan.-FIJRI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di wilayah Kecamatan Sumpiuh terdapat sedikitnya empat desa yang masuk dalam kategori miskin ekstrem dari total 14 desa/kelurahan.

"Desa miskin ekstrim ada empat, Bogangin, Banjarpanepen, Ketanda dan Selanegara," rinci Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto, Rabu (18/10/2023).

Beragam upaya telah dilakukan untuk mengentaskan empat desa miskin ekstrim. Percepatan penanganan pada kondisi ketidakmampuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

BACA JUGA:24 Pemain Resmi Perkuat Persibangga dalam Liga 3 Jawa Tengah 2023

BACA JUGA:Kubur Bayinya Usai Melahirkan, Wanita di Jatilawang Ditetapkan Sebagai Tersangka

Kebutuhan dasar antara lain tempat tinggal layak. Ahmad mencontohkan gencar dilakukan penanganan rumah tidak layak huni (RTLH) untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem. Sudah banyak bantuan bedah rumah dari pihak terkait.

"Setiap tahun ada bantuan untuk RTLH, baik dari propinsi, BAZNAS, kabupaten, desa," imbuh Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad menuturkan listrik juga menjadi perhatian dalam percepatan penanganan miskin ekstrim. Baru-baru ini, di Ketanda terdapat pemasangan listrik gratis.

BACA JUGA:Cuaca Panas Ekstrem di Purbalingga, 38.484 Jiwa Terdampak Kekurangan Air Bersih

BACA JUGA:Nilai Ekspor Gula Kelapa Organik Purbalingga Mendominasi Capai Rp 6 Triliun

Kebutuhan dasar lainnya adalah sanitasi layak. Guna mengentaskan miskin ekstrim dilakukan pembangunan septictank individu dan sarana air bersih.

"Kita melakukan intervensi sebagai upaya untuk mengentaskan miskin ekstrem," tandas Ahmad. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: