Penanganan Awal Orang Terkena Heat Stroke, Lakukan Agar Tidak Semakin Parah!

Penanganan Awal Orang Terkena Heat Stroke, Lakukan Agar Tidak Semakin Parah!

Penanganan Awal Orang Terkena Heat Stroke-GoodRx-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengingat saat ini cuaca sedang tak menentu, tentu dibarengi dengan perubahan suhu yang cukup ekstream di beberapa wilayah Indonesia. Karena itulah informasi mengenai penanganan awal orang terkena heat stroke sangat dicari oleh warganet.

Kondisi malam hari yang amat dingin dan di siang yang yang amat panas membuat tubuh sulit untuk beradaptasi dalam mempertahankan suhu agar tetap stabil.

Heat stroke atau yang juga disebut sebagai sengatan panas merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan secara signifikan hingga 41 derajat celcius dalam kurun waktu cepat.

Karena itulah semua masyarakat memiliki risiko heat stroke yang jika tidak dapat ditangani dengan baik akan berakibat fatal. Lantas, bagaimana penanganan awal orang terkena heat stroke? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai, Rawan Terjadi Karena Cuaca Ekstrem!

BACA JUGA:Tips Pencegahan Heat Stroke, Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem!

Penanganan Awal Orang Terkena Heat Stroke

Penanganan awal orang terkena heat stroke menurut kementerian kesehatan republik Indonesia ada beberapa langkah. Pertama, silakan untuk memindahkan korban ke tempat yang dingin atau lebih efektif ruangan yang ber-AC.

Dengan begitu korban akan menurunkan suhu tubuhnya lebih mudah karena terbantu suhu lingkungan. Berikutnya kompres orang yang terkena heat stroke atau sengatan panas dengan kain basah yang dingin atau bisa membasahi kain dengan air es.

Selanjutnya kalian juga bisa menggunakan kipas angin yang diarahkan kepada tubuh korban. Jika tidak ada tanda perubahan suhu pada tubuhnya maka bisa dengan menyiram korban dengan menggunakan air dingin.

Teruslah untuk melanjutkan tindakan tersebut hingga suhu tubuh di bawah 38 derajat celcius. Jika tak juga ada perubahan maka bergegaslah untuk membawa korban ke Rumah Sakit untuk mendapatkan pertolongan dokter.

BACA JUGA:Memahami Apa Itu Heat Stroke, Serta Langkah Pencegahan dan Penanganannya!

BACA JUGA:10 Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Panas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: