Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai, Rawan Terjadi Karena Cuaca Ekstrem!

Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai, Rawan Terjadi Karena Cuaca Ekstrem!

Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai-NBC News-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Mengingat saat ini cuaca sedang tak menentu, tentu dibarengi dengan perubahan suhu yang cukup ekstrem di beberapa wilayah Indonesia. Karena itulah informasi mengenai gejala heat stroke banyak dicari oleh warganet.

Heat stroke atau yang juga disebut sebagai sengatan panas merupakan sebuah kondisi yang terjadi ketika suhu tubuh seseorang mengalami peningkatan secara signifikan hingga 41 derajat celcius dalam kurun waktu cepat.

Kondisi malam hari yang amat dingin dan di siang yang yang amat panas membuat tubuh sulit untuk beradaptasi dalam mempertahankan suhu agar tetap stabil.

Karena itulah semua masyarakat memiliki risiko heat stroke yang jika tidak dapat ditangani dengan baik akan berakibat fatal. Lantas, bagaimana gekjala heat stroke yang wajib diwaspadai? berikut informasinya telah Radarmas rangkum dari berbagai sumber;

BACA JUGA:Tips Pencegahan Heat Stroke, Jaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem!

BACA JUGA:Tips Mencegah Rambut Kering Saat Cuaca Panas

Gejala Heat Stroke yang Wajib Diwaspadai

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada beberapa gejala heat stroke yang wajib diwaspadai dengan penanganan antisipasi yang baik dan benar.

Gejala pertama yakni naiknya suhu badan lebih dari 39,5 derajat celcius secara signifikan. Jika kalian tidak memiliki termometer, maka situasi tersebut seperti demam tinggi yang panasnya hingga merambah ke bagian tubuh luar.

Gejala berikutnya, akibat dari naiknya suhu tubuh secara mendadak akan menimbulkan kulit menjadi merah, panas, dan kering. Hal  tersebut akan sangat tampak pada muka.

Selanjutnya jika kondisi semakin mengkhawatirkan, irama nadi akan sangat cepat dan kuat. Untuk mendeteksinya kalian bisa menggunakan metode MENARI (meraba nadi sendiri) dengan menekan bagian nadi tangan dengan tiga jari lalu hitung denyut nadi per menit, jika lebih dari 100 maka termasuk cepat serta tidak normal.

BACA JUGA:Suhu Panas di Purwokerto Bikin Gerah? Ini Cara Mengatasinya

BACA JUGA:5 Wisata Sejuk di Purbalingga, Ada yang Sedang Viral!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: