Dinhub Banyumas Optimalkan Pemanfaatan Aset Terminal Lewat Lapak Minggon

Dinhub Banyumas Optimalkan Pemanfaatan Aset Terminal Lewat Lapak Minggon

LAPAK MINGGON : Salah satu bentuk pengoptimalan aset terminal, melalui lapak minggon di Terminal Wangon, Minggu (16/10).-DINHUB UNTUK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas, bakal mengoptimalkan pemanfaatan aset di terminal terminal yang dikelola Pemkab Banyumas. Lapak Minggon, menjadi salah satu cara dalam pengoptimalan pemanfaatan aset tersebut yang nanti akan diterapkan di seluruh terminal.

"Wangon, Lapak Minggon sudah jalan. Lapak Minggon itu UMKM kita gandeng Aspikmas. Jadi Aspikmas itu tidak punya lapak yang dipakai rutin setiap minggu setiap pekannya," kata Kasi Terminal Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas Aris Setiawan.

Aris menuturkan, dengan adanya lapak minggon di terminal juga menjadi upaya untuk meningkatkan branding terminal itu sendiri.

"Untuk meningkatkan ekonomi. Semua akan terdampak. Sewa lapak tambah, sewa parkir," paparnya.

BACA JUGA:Hati-hati, Mulai Bulan Depan Dinhub Terapkan Sanksi Gembok Kendaraan Bagi Pelanggar Parkir

BACA JUGA:Dinhub Banyumas Usulkan Rp 500 Juta untuk Penambahan Halte Trans Banyumas

Ia menilai, saat ini kondisi terminal tidak seperti dahulu. Masyarakat, saat ini sudah jarang menggunakan angkutan yang ada di terminal.

"Kita punya potensi besar di aset karena luas. Karena kalau bergantung pada angkutan konvensional pasti tertinggal dengan yang digital," paparnya.

Pemanfaatan aset terminal, menjadi salah satu caranya dalam mendongkrak pendapatan daerah lewat retribusi terminal.

"Terminal sudah tidak bisa seperti dulu lagi, karena itu sangat susah untuk berkembang. Jadi jangan hanya berpikir angkutannya seperti apa. Tapi bagaimana pengoptimalan aset, Ajibarang nanti juga akan kita terapkan lapak Minggon," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: