Suhu Panas di Purwokerto Bikin Gerah? Ini Cara Mengatasinya

Suhu Panas di Purwokerto Bikin Gerah? Ini Cara Mengatasinya

Pejalan kaki di salah satu sisi trotoar Kota Purwokerto menggunkan payung untuk mengurangi sengatan matahari.-DIMAS PRABOWO/RADAR BANYUMAS-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Suhu panas melanda kota Purwokerto dan sekitarnya beberapa hari belakangan. Suhu panas di wilayah ini terjadi saat siang maupun malam hari.

Hal ini membuat kondisi yang tidak biasa bagi masyarakat Purwokerto yang sebelumnya terbiasa dengan cuaca yang sejuk. Mengingat letak Kota Purwokerto yang tak jauh dari Baturraden, lereng selatan Gunung Slamet. Istilah Banyumasannya yakni "Sumuk" alias gerah. 

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, yang dikutip melalui laman resminya, suhu udara di Purwokerto dan sekitarnya masih akan terasa panas untuk dua hari mendatang. Yaitu pada Kamis-Jumat (5-6 Oktober 2023).

Bahkan kondisi itu bisa berlanjut sampai akhir pekan nanti. Dengan rata-rata suhu antara 22-32 derajat celcius, kecepatan angin rata-rata 20 km/jam dan kelembaban udara antara 60-95 persen.

BACA JUGA:Suhu Udara di Cilacap Terasa Panas, Ini Kata BMKG Cilacap

BACA JUGA:Suhu Panas di Purwokerto, BMKG Sebut Saat Ini Mulai Memasuki Masa Peralihan Musim

Meski begitu, kita tak perlu Khawatir. Ada beberapa cara mudah mengatasi suhu panas yang terjadi saat ini. Termasuk mengatasi suhu panas di Purwokerto.

Berikut beberapa Tips yang bisa dicoba untuk menghadapi kondisi cuaca Panas, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Minum Air dengan Cukup

Untuk menjaga tubuh dari kekurangan air/dehidrasi, minum air putih yang cukup. Baik dari galon isi ulang ataupun galon sekali pakai, yang terpenting airnya bersih dan sehat untuk diminum.

2. Menghindari Aktivitas Luar Ruangan di Siang Hari

Hindari aktivitas berat di bawah terik matahari. Terutama pada jam 10 siang hingga 14.00 WIB. Rebahan di rumah sembari memantau timeline media sosial lebih dianjurkan. 

BACA JUGA:Masuk Musim Pancaroba, Cuaca di Cilacap Terasa Panas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: