Kasus Pelecehan Seksual Anak Marak di Cilacap, Sekolah Perlu Ramah Anak

Kasus Pelecehan Seksual Anak Marak di Cilacap, Sekolah Perlu Ramah Anak

Koordinator Nasional (Kornas) TRC PPA, Jeny Claudia Lumow saat memberikan statement.-HUMAS POLRESTA CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyaknya kasus pelecehan seksual anak di wilayah Kabupaten CILACAP, membuat keprihatinan tersendiri. Hal itu diungkapkan Koordinator Nasional (Kornas) TRC PPA, Jeny Claudia Lumowa.

Menurutnya, pelaku pelecehan seksual anak sering dilakukan oleh orang terdekat. Seperti ayah, paman, kakek maupun tetangga. Kondisi tersebut perlu diwaspadai oleh para orang tua.

"Orang tua perlu menjaga anak-anaknya. Dilihat karakter anak masing-masing. Sediakan waktu untuk mengajak anak-anam ngobrol meski hanya lima menit tapi itu sangat bermanfaat," kata dia.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Cilacap perlu turun bersama, mensosialisasikan perlindungan anak ke desa-desa.

BACA JUGA:Cilacap Darurat Predator Anak, Sebulan Ada Enam Kasus Seksual Terhadap Anak

BACA JUGA:PSCS Cilacap Lawan Persekat Tegal Berakhir Imbang, Pelatih PSCS Cilacap Minta Maaf

"Kami perlu satgas PPA di desa masing-masing. Apalagi hubungan antara korban dan pelaku biasanya orang terdekat. Jadi jangan terlalu percaya dengan orang terdekat," ujarnya.

Dia juga meminta para orang tua untuk lebih memperhatikan dan sadar dengan tumbuh kembang anak. Kurang kasih sayang maupun kelebihan kasih sayang, juga menjadi faktor masalah tersebut.

"Semisal anak dari kecil sudah diberi gadget , ini bisa diakses luas dan jika tidak dipantau akan membahayakan. Ini PR besar bagi kami, terutama juga dilingkungan Dinas Pendidikan bagaimana agar sekolah ramah anak, termasuk perlindungan. Karena masih ada oknum guru-guru cabul," ujarnya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: