Dongkrak Keramaian, Lalu Lintas Jalan Lingkar Timur Diarahkan Masuk ke Terminal Ajibarang

Dongkrak Keramaian, Lalu Lintas Jalan Lingkar Timur Diarahkan Masuk ke Terminal Ajibarang

Dongkrak keramaian Terminal Ajibarang, arus lalu lintas jalan lingkar timur direncanakan masuk ke terminal.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebagai terminal tipe C yang dikelola oleh kabupaten, Terminal Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS yang saat ini relatif sepi bakal didongkrak keramaiannya. Rencananya, lalu lintas di jalan lingkar timur Ajibarang bakal diarahkan masuk ke terminal.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Banyumas Khelmy Tibyani ST MT mengatakan, terminal Ajibarang sebagai terminal tipe C yang dikelola oleh kabupaten saat ini kondisinya relatif sepi. Karena letak terminal dan Pasar Ajibarang terpisah oleh jalan lingkar timur Ajibarang.

Rencananya, untuk bagian tengah jalan lingkar timur yang memisahkan antara pasar dan terminal bisa ditutup, dan arus lalu lintas di jalan lingkar timur diarahkan masuk ke terminal.

"Jalan lingkar timur di bagian tengah depan Terminal Ajibarang bisa ditutup untuk ruang pendukung aktivitas perdagangan. Antara terminal dan pasar tidak terpisah," katanya ditemui Radarmas usai pembinaan di Unit Pelaksana Teknis DPU Ajibarang.

BACA JUGA:BPD Banteran, Wangon, Dorong Usulan Pembangunan Jembatan Gantung Secara Permanen

BACA JUGA:Pembangunan Aula di Komplek Kecamatan Sumpiuh Batal

Khelmy menjelaskan, rencana menempelkan pasar dan Terminal Ajibarang diharapkan dapat mendongkrak keramaian terminal. Contohnya di Terminal Wangon. Di terminal tersebut cenderung lebih ramai dibandingkan Terminal Ajibarang dikarenakan tidak terpisah dengan Pasar Wangon disebelahnya.

"Orang-orang yang akan pergi atau pulang dari pasar lebih dekat ke terminal," terang dia.

Untuk pengembangan kawasan perkotaan Ajibarang ke depan, berpendapat calon ibukota Kabupaten Banyumas Barat lebih tepat di Ajibarang. "Ajibarang posisinya lebih di tengah," pungkas Khelmy. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: