Tips Aman Parkir Sepeda Motor agar Tidak Kecurian

Tips Aman Parkir Sepeda Motor agar Tidak Kecurian

Cara aman saat memarkir sepeda motor agar tidak kemalingan.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tindakan pencurian motor atau curanmor masih sangat sering terjadi, apalagi jika motor diparkir di tempat yang tidak aman seperti di pinggir jalan atau daerah parkiran yang sepi. Ditambah pelaku curanmor biasanya tidak beraksi sendiri dan mampu bekerja dengan cepat. 

Kesempatan para pelaku curanmor selalu datang saat pemilik sepeda motor lengah seperti pada waktu istirahat. Modus pencurian sepeda motor juga sangat beragam, dan para pencuri tidak butuh waktu lama untuk menggasak sepeda motor. 

Sepeda motor umumnya lebih mudah dicuri dibandingkan mobil. Lalu bagaimana cara mengamankan sepeda motor di tempat parkir ?

Yang pertama dan sesederhana mungkin yaitu menggunakan rantai dan gembok. Karena dua barang itu akan menghalangi sebagian besar pencuri karena kemungkinan besar mereka lebih memilih untuk terus mencari sepeda motor yang mudah dicuri.

BACA JUGA:Marak Pencurian Motor, Begini Tips Memilih Tempat Parkir yang Aman!

BACA JUGA:Prosedur Pemilik Mengambil Motor yang Dicuri ke Kantor Polisi, Mudah Tidak Ribet!

Dan banyak yang beranggapan bahwa jika kamu memiliki rantai, maka kamu mungkin juga memiliki alarm atau GPS.

Untuk menggunakan rantai dan gembok, kamu bahkan tidak perlu merantai sepeda motor ke benda lain, cukup melilitkan rantai di roda belakang dan lengan ayun.

Hal itu akan membuat roda belakang tidak bisa berputar dan tidak ada seorang pun yang bisa mendorong sepeda motor karena harus melakukan langkah ekstra dengan memotong rantai dan gembok.

Penemuan keren lainnya adalah kunci rem cakram. Ini adalah kunci yang terhubung ke cakram sepeda motor kamu. Rem ini akan mencegah roda berputar namun disisi lain tidak akan merepotkan kamu karena sangat kecil sehingga mudah dilepas pasang dan juga sangat mudah disimpan saat tidak digunakan.

BACA JUGA:Sukses Rakit Sepeda Motor Listrik, IKM Purbalingga Bakal Produksi Sepeda Listrik

BACA JUGA:Sindikat Curanmor di Banyumas Ditangkap, 24 Tersangka dan 40 Motor Curian Diamankan Polisi

Untuk mencegah skenario terburuk, ada baiknya kamu membeli sistem alarm yang dapat menggunakan sensor gerak atau sensor jarak. Sensor gerak diaktifkan jika ada yang mencoba menggelindingkan sepeda motor ke depan atau ke belakang dan untuk membunyikan alarm jika ada yang mulai menyentuh sepeda motor. 

Selain menggunakan perangkat yang berbeda untuk mengamankan sepeda motor kamu, pemilihan tempat parkir juga sama pentingnya. Penting untuk selalu memarkirkan kendaraan di tempat yang cukup terang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: