Sudah Tidak Mampu Tampung Pedagang, Pasar Ajibarang, Banyumas Bakal Diperluas

Sudah Tidak Mampu Tampung Pedagang, Pasar Ajibarang, Banyumas Bakal Diperluas

Keramaian pasar pisang di komplek Pasar Ajibarang.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pasar Ajibarang, BANYUMAS saat ini dinilai tidak cukup untuk menampung pedagang grosir. Untuk itu, dalam upaya penataan pedagang di Pasar Ajibarang, pasar pisang di komplek Pasar Ajibarang ikut dikerjasamakan untuk perluasan

Kepala Pasar Ajibarang Agus Mulyono SE mengatakan, saat sosialisasi perluasan Pasar Ajibarang, Banyumas ke arah barat, dikatakan bahwa bila pedagang grosir dan eceran tetap digabung seperti saat ini maka tidak pas.

Dengan luas Pasar Ajibarang eksisting 3,6 hektare dan di sebelah barat masih tersedia tanah milik Pemkab Banyumas seluas 2 hektare, untuk membangun Pasar Ajibarang baru dengan luas 5 hektare, Pemkab Banyumas tidak sanggup.

"Kalau Pasar Ajibarang eksisting yang seluas 3,6 hektare dibongkar total, dan membangun baru seluas 5 hektare dengan tambahan tanah disebelah barat seluas 2 hektare, yang saya tangkap dalam sosialisasi informasinya Pemkab Banyumas tidak sanggup," katanya.

BACA JUGA:Pasar Ajibarang, Banyumas, Bakal Diperluas ke Sebelah Barat

BACA JUGA:Setoran Pengelolaan Parkir Pasar Ajibarang Capai Rp 30 Juta Per Bulan

Agus menjelaskan, perluasan Pasar Ajibarang seluas 2 hektare ke arah barat dilakukan dengan tujuan. Diantaranya memisahkan pedagang grosir dan eceran.

Di tengah keterbatasan Pemkab Banyumas untuk memperluas Pasar Ajibarang ke sebelah barat menjadi 5 hektare, dari pihak ketiga ada yang berminat memperluas Pasar Ajibarang ke arah barat dengan model kerjasama Bangun Guna Serah (BGS).

"Kalau sudah jadi bangunan, pihak ketiga memperoleh Hak Guna Bangunan (HGB). Dari pihak ketiga bisa mengHGBkan lagi ke pedagang selama 30 tahun. Setelah 30 tahun bangunan dikembalikan pada Pemkab Banyumas," terang dia.

Informasi terakhir, lokasi perluasan Pasar Ajibarang di sebelah barat seluas 2 hektare dinilai tidak cukup menampung seluruh pedagang grosir. Pasar pisang di komplek Pasar Ajibarang seluas 8 ribu meter persegi, ikut dikerjasamakan untuk perluasan. 

"Jika dilokasi tanah yang 2 hektare bisa langsung dibangun, di pasar pisang akan dilakukan pembongkaran terlebih dahulu sebelum dibangun," sambung dia.

Disinggung jumlah kios dan pedagang di pasar pisang, dirinya belum mendapat angka pasti. Skenarionya setelah bangunan perluasan Pasar Ajibarang di lahan disebelah barat selesai dibangun, selanjutnya pasar pisang dibangun dan pedagang pisang pindah ke sebelah barat. 

"Setelah pasar pisang kosong baru dibongkar dan dibangun untuk perluasan Pasar Ajibarang tahap kedua. Masih dikerjakan pihak ketiga," pungkas Agus. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: