Pasar Ajibarang, Banyumas, Bakal Diperluas ke Sebelah Barat

Pasar Ajibarang, Banyumas, Bakal Diperluas ke Sebelah Barat

Patok-patok di lokasi tanah yang bakal dipergunakan untuk perluasan Pasar Ajibarang sudah terpasang, Kamis (5/10/2023).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pasar Ajibarang sebagai pasar induk di Kabupaten BANYUMAS, bakal diperluas ke sebelah barat.

Pantauan Radarmas, di lokasi tanah milik Pemkab Banyumas yang direncanakan untuk perluasan Pasar Ajibarang, sudah terpasang patok-patok penanda. Lokasi perluasan Pasar Ajibarang berbatasan dengan batas tanah RSUD Ajibarang.

Perwakilan dari Bidang Perindustrian Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas, Sutrisno dalam konsultasi publik kesatu penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan Ajibarang menyampaikan, update informasi terkait Pasar Ajibarang, dari Pemkab Banyumas sedang merencanakan untuk perluasan Pasar Ajibarang ke sebelah barat dari pasar eksisting yang ada sekarang.

"Masih dalam proses perencanaan," kata dia.

BACA JUGA:Kembangkan Kawasan Perkotaan Ajibarang Banyumas, Perlu Pemakaman Umum dan Fasum Ramah Disabilitas

BACA JUGA:Toko Modern di Banyumas Tidak Sediakan Kantong Plastik Wadah Belanja

Kepala Pasar Ajibarang, Agus Mulyono menjelaskan, informasi saat sosialisasi rencana perluasan Pasar Ajibarang, perluasan Pasar Ajibarang akan dikerjakan oleh pihak ketiga dengan bentuk kerjasama Bangun Guna Serah. Ada tim Bangun Guna Serah di tingkat kabupaten yang mengurusi rencana perluasan Pasar Ajibarang.

"Lokasinya di barat pasar saat ini, di atas tanah milik Pemkab Banyumas seluas kurang lebih 2 hektare," terang dia.

Dituturkan, terkait perluasan Pasar Ajibarang, sudah dilakukan sosialisasi oleh tim Bangun Guna Serah tingkat kabupaten untuk ketiga kalinya. Dengan melibatkan pedagang di pasar pisang, pedagang di 10 kios dekat Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Sampah Pasar Ajibarang, dan pedagang eceran.

Disinggung terkait sosialisasi selanjutnya, tuturnya, kemungkinan ada dengan mengundang pedagang grosir.

"Dari tim sudah melakukan pengukuran dan pemasangan patok di lokasi," pungkas Agus. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: