80 Persen Rawa Bendungan, Cilacap, Tertutup Gulma, Rawa Bendungan Berpotensi Dijadikan Tempat Wisata

80 Persen Rawa Bendungan, Cilacap, Tertutup Gulma, Rawa Bendungan Berpotensi Dijadikan Tempat Wisata

Pj Bupati dengan sejumlah masyarakat membersihkan Rawa Bendungan. -MOKO UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kondisi Rawa Bendungan, Kecamatan CILACAP Utara, Kabupaten CILACAP, cukup memprihatinkan. Tempat yang menjadi salah satu sumber air baku di tiga kecamatan ini, tertutup gulma.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap bersama Kelompok Masyarakat Peduli Rawa Bendungan dan sejumlah stakeholder melaksanakan bersih-bersih Rawa Bendungan, Sabtu (7 Oktober 2023).

Koordinator Aksi, Darimun mengatakan, Rawa Bendungan memiliki potensi yang cukup besar. Namun, tanaman gulma yang berada di Rawa Bendungan cukup mengganggu potensi-potensi tersebut. 

"Luas Rawa Bendungan itu 100 hektare, namun 80 persennya tertutup gulma. Kondisi ini tentunya cukup memprihatinkan karena fungsi rawa tidak berjalan dengan baik. Apalagi ada tiga kecamatan yang sumber air bakunya dari sini," ujar Darimun. 

BACA JUGA:Ratusan Alat Peraga Sosialisasi yang Melanggar Aturan di Cilacap Ditertibkan

BACA JUGA:Gudang Milik CV Nindya Karya Cilacap Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

Sementara itu Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengatakan, Rawa Bendungan merupakan milik pemerintah pusat. Namun, Pemerintah Kabupaten Cilacap akan melakukan pemeliharaan terhadap Rawa Bendungan. 

"Sebagai tempat konservasi sumber daya air, Rawa Bendungan perlu dipelihara untuk kita. Meskipun milik pusat, saya akan membawa Kelompok Masyarakat Peduli Rawa Bendungan ini ke pusat ke BBWS yang memiliki wewenang untuk pembersihan dan pembenahan," kata Pj Bupati Cilacap.

Dikatakan Pj Bupati Cilacap, dengan pembersihan Rawa Bendungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, terutama dapat menampung air. Terlebih rawa difungsikan untuk menyerap air dalam jumlah besar ketika hujan deras. 

"Karena sebagian besar tertutup gulma, jadi kita bersihkan agar dapat dimanfaatkan. Kami sudah memiliki konsep yang tujuannya untuk mensejahterakan masyarakat," ujar Yunita. 

Pj Bupati Cilacap mengatakan, potensi Rawa Bendungan dapat dimanfaatkan untuk tempat wisata, kuliner dan lainnya. Pihaknya juga akan mengawal agar pemerintah pusat dapat membantu pengembangan Rawa Bendungan.

"Konsepnya Rawa Bendungan ini tidak hanya dipakai menjadi sumber air baku. Namun juga tempat wisata, wisata air, kuliner, yang intinya potensi Rawa Bendungan dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga perku kerjasama semua pihak untuk menyelesaikan masalah Rawa Bendungan ini," pungkas Pj Bupati Cilacap. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: