Cegah Potensi Kebakaran Kapal Nelayan di Cilacap, Ratusan Personil Gabungan Ikuti Simulasi

Cegah Potensi Kebakaran Kapal Nelayan di Cilacap, Ratusan Personil Gabungan Ikuti Simulasi

Petugas Pemadam Kebakaran saat melakukan simulasi pemadaman kebakaran kapal nelayan di PPSC Cilacap, Jumat (6/10/2023).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ratusan personil gabungan dari Forkompimda serta  nelayan dan para pengusaha kapal di Kabupaten CILACAP, terlibat dalam apel siaga nelayan untuk pencegahan kebakaran kapal perikanan, Jumat (6/10/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap (PPSC), sebagai bentuk tindakan antisipasi untuk menghadapi peristiwa kebakaran yang melanda kapal seperti beberapa waktu lalu.

Pj Bupati Cilacppscap Yunita Dyah Suminar seusai kegiatan tersebut mengatakan, saat ini sedang terjadi musim kemarau panjang yang sedikit banyak menyebabkan angka kebakaran naik, sehingga diperlukan langkah antisipasi.

"Kapal di Cilacap ini banyak sekali. Sementara itu jumlah pelabuhan di sini sangat terbatas. Jadi kapal terpaksa harus berhimpitan. Sehingga perlu adanya simulasi penanganan apabila terjadi kebakaran," katanya, Jumat (6/10/2023).

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

BACA JUGA:Dua Hari, Tiga Kejadian Kebakaran di Cilacap

Dalam simulasi tersebut, Pj Bupati Cilacap menjelaskan langkah-langkah penanganan kebakaran pada kapal yang tertambat di pelabuhan. Dimulai dengan isolasi kapal yang terbakar kemudian dilakukan penyiraman air pada kapal lain agar api tidak mudah merambat.

"Langkah-langkahnya sudah ada. Tapi jika tidak memungkinkan penanganan mandiri, maka harus menghubungi petugas Damkar," terangnya.

Sementara itu Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto mengatakan, penyebab kebakaran kapal sangat beragam. Namun, dalam beberapa kasus disebabkan oleh manusia dan kurangnya koordinasi antar stakeholder.

"Kita harus meningkatkan kesadaran, sehingga koordinasi yang baik antar stakeholder akan terbentuk dengan baik untuk penanganan kebakaran kapal," ujarnya.

Harapannya, di Kabupaten Cilacap tidak akan terjadi kembali tragedi kebakaran kapal, sehingga keselamatan para nelayan dan keberlanjutan sektor perikanan di Cilacap dapat dipertahankan dan semakin berkembang.

"Ini tanggung jawab kita bersama. Mari jadikan Kabupaten Cilacap aman bagi nelayan serta produktif dalam sektor perikanan," pungkasnya. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: