Dua Hari, Tiga Kejadian Kebakaran di Cilacap

Dua Hari, Tiga Kejadian Kebakaran di Cilacap

Petugas Damkar berusaha memadamkan api yang membakar rumah di Adipala, Cilacap, Sabtu (30/9/2023).-UPT Damkar untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dalam dua hari, Petugas Damkar CILACAP disibukkan dengan tiga kejadian kebakaran di lokasi yang berbeda di Kabupaten CILACAP. Pada Jumat (29/9/2023), rumah milik Witun (52) Warga Desa Rejodadi, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten CILACAP, terbakar.

Untuk penyebabnya, pemilik rumah memasak air menggunakan tungku kayu namun  ditinggal ke tempat saudara. Akibatnya, bangunan dapur semi permanen bersama perabotan terbakar habis. Kerugian sekitar Rp 4 juta.

Di lokasi lain, tepatnya di Jalan Kolonel Sugiono wilayah Cilacap Kota, pekarangan bekas gudang terbakar akibat percikan mesin pemotong besi yang mengenai tumpukan sampah.

Kemudian kejadian ketiga, terjadi pada Sabtu (30/9/2023) menimpa rumah milik Sitar (65) warga Desa Adipala, Kecamatan Adipala. Rumah semi permanen milik Sitar terbakar habis ketika ditinggal berdagang.

BACA JUGA:Kejadian Kebakaran di Cilacap Meningkat, Januari-Agustus 2023 Ada 75 Kasus, Kerugian Capai Rp 2,9 M

BACA JUGA:Diduga Kerusakan Alat Pendingin Makanan, Sebuah Ruko di Jalan Dr Soetomo Alami Kebakaran

"Dari Jumat hingga Sabtu, terjadi 3 kebakaran yang berbeda. Yang paling parah terjadi di Adipala. Rumah semi permanen terbakar habis, kerugian diperkirakan mencapai Rp 50 juta," kata Kepala Damkar Cilacap Supriyadi, Minggu (1/10/2023).

Menurut Supriyadi, penyebab 2 peristiwa kebakaran yaitu tungku kayu dan percikan gergaji mesin yang mengenai tumpukan sampah. Sedangkan kejadian di Adipala masih dalam proses penyelidikan polisi.

"Atas kejadian-kejadian tersebut, kita mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Pada musim kemarau panjang seperti sekarang ini, kebakaran akan sangat dengan mudah terjadi meski dengan pemicu kecil," lanjutnya.

Setelah berhasil melakukan penanganan ketiga peristiwa kebakaran, sebagai prosedur tetap disosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP serta membagikan nomor Pos Damkar kepada masyarakat. (jul)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: