Sanmardi, Penerima Bansos Permakanan Tertua Asal Sumpiuh, Usia Lebih dari Satu Abad

Sanmardi, Penerima Bansos Permakanan Tertua Asal Sumpiuh, Usia Lebih dari Satu Abad

Sanmardi, penerima bantuan sosial permakanan lanjut usia yang tertua di wilayah Sumpiuh. Kini usianya 105 tahun.-FEBRI UNTUK RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Di wilayah Kecamatan Sumpiuh tercatat sebanyak 43 lanjut usia sebagai penerima manfaat bantuan sosial permakanan program Kementerian Sosial.

Dari jumlah lanjut usia tersebut, ada penerima manfaat yang telah berumur lebih dari satu abad. Kurir bantuan sosial permakanan, Febri Aditya Purwoko menceritakan dia bernama Sanmardi. Warga Desa Bogangin RT 6 RW 2.

Data dari Pemerintah Kecamatan Sumpiuh menunjukan bahwa Sanmardi kelahiran Desember tahun 1918. Dengan demikian, dia telah berusia 105 tahun. Febri mengorek informasi ke keluarga mengenai rahasia bisa panjang umur. 

BACA JUGA:Pasar Ajibarang, Banyumas, Bakal Diperluas ke Sebelah Barat

"Keterangan dari keluarganya, makanan keseharian yang dikonsumsi Mbah Sanmardi seperti orang biasa pada umumnya. Seperti sayur-sayuran dan daging. Kalau bukan daging tidak mau," beber Febri.

Selain itu, Sanmardi masih lancar mengkonsumsi kopi. Sedangkan merokok lintingan terbilang kadang saja.

Di usianya yang lebih dari seratus tahun, Sanmardi kerap berjemur sinar matahari pagi. Juga, masih bisa beraktivitas jalan kaki.

BACA JUGA:Angka Kejadian Kebakaran di Cilacap Naik, Kerugian Capai Rp 3,4 Miliar

"Simbah masih bisa komunikasi meski agak sulit karena indra pendengaran sudah berkurang," kata Febri, Kamis (5/10/2023) usai mengantar paket menu bantuan sosial permakanan ke Sanmardi.

Biasanya, ketika Febri datang mengantar paket menu bantuan sosial permakanan disambut antusias oleh Sanmardi. Sering kali dia langsung menyantap aneka olahan makanan itu.

Sanmardi tinggal seorang diri di rumahnya. Namun, lokasi tidak jauh dari kediaman anaknya. Sehingga, kondisi tetap bisa terpantau. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: