Rotasi Jabatan, Kepala Dusun I Desa Karangkemiri, Karanglewas, Banyumas, Kosong

Rotasi Jabatan, Kepala Dusun I Desa Karangkemiri, Karanglewas, Banyumas, Kosong

Pengambilan sumpah tujuh perangkat desa oleh Kepala Desa Karangkemiri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas dalam pelantikan, Rabu (27/9).-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Karangkemiri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten BANYUMAS, pada Rabu (27/9) melaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah perangkat desa hasil rotasi jabatan.

Dari tujuh perangkat desa yang dilantik yaitu kasi pemerintahan, kepala urusan perencanaan, kepala urusan keuangan, kepala dusun I dan II, kasi pelayanan dan kepala urusan tata usaha, hanya kepala dusun I yang beralih tugas menjadi kasi kesejahteraan. Sehingga posisi kepala dusun I Desa Karangkemiri, Kecamatan Karanglewas, Kabupaten Banyumas sementara kosong.

Kepala Desa Karangkemiri, Nanang Pranoto mengatakan, rotasi jabatan perangkat desa kali ini merupakan yang kedua kalinya di masa kepemimpinannya. Rotasi jabatan perangkat desa sebelumnya pernah dilaksanakan pada tahun 2016. 

"Kalau dulu prosesnya untuk rotasi jabatan tahun 2016 harus membentuk panitia seleksi. Sekarang hanya dari kepala desa yang menilai kinerja dari perangkat desanya didampingi tim fasilitator dari kecamatan," katanya.

BACA JUGA:Anggaran Pemeliharaan Gedung Kantor Kecamatan di Banyumas Minim

BACA JUGA:Dilantik Jadi Pj Bupati Banyumas, Ini Program Yang Akan Dikerjakan Hanung Cahyo Saputro

Nanang menjelaskan, dalam melakukan penilaian kinerja perangkatnya, sudah ada lima indikator yang ditentukan antara lain jenjang pendidikan dan masa pengabdian. Dalam pemerintahan desa sampai jenjang diatasnya menurutnya rotasi jabatan merupakan hal yang biasa dalam upaya penyegaran.

"Sumpah pelantikan sebagai perangkat desa tidak hanya disaksikan oleh undangan, tetapi yang paling utama pertanggungjawaban kepada Allah SWT. Harus dicamkan didalam hati bagaimana semua perangkat desa berupaya melayani masyarakat kita," ingat dia.

Dirinya menyadari masih banyak kekurangan dari pelayanan Pemerintahan Desa Karangkemiri. Menjadi pekerjaan rumah bagi dirinya dan semua perangkat agar dalam hal penyelenggaraan pemerintahan desa di Desa Karangkemiri dapat lebih baik ke depannya.

"Kerahasiaan hasil rotasi jabatan saya jaga sampai berlangsungnya pelantikan. Kalau banyak bocornya sakralnya kurang," pungkas Nanang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: