Menjelajahi Ragam Kuliner Vegetarian di Banyumas

Menjelajahi Ragam Kuliner Vegetarian di Banyumas

Sate Jamur, Kuliner Vegetarian di Purwokerto -Instagram @inejuine-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kamu vegetarian, tapi ingin mencoba kuliner yang enak. Tak perlu khawatir di Banyumas sudah banyak tempat makan yang enak dan menyediakan menu vegetarian. 

Banyumas, dengan kekayaan budaya dan kuliner tradisionalnya, tak hanya menjadi surgaya makanan khas tetapi juga menawarkan berbagai hidangan vegetarian yang lezat. Untuk kamu yang sedang mencari pengalaman kuliner sehat, beragam, dan tanpa daging di Banyumas, berikut Radar Banyumas berikan rekomendasi makanan vegetarian di Banyumas yang wajib dikunjungi. 

Mulai dari hidangan berbasis kedelai hingga sayuran yang lezat, semuanya bisa ditemukan di Banyumas. Setidaknya ada 5 rekomendasi makanan vegetarian yang bisa kamu coba ketika mampir di Banyumas. 

1. Mendoan


Ketika menginjakkan kaki di Banyumas, maka kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi Mendoan. Makanan yang menjadi khas Banyumas ini, selain memiliki rasa yang enak tetapi juga menjadi hidangan lezat untuk dinikmati oleh kalangan vegetarian. Bahkan mendoan masuk dalam deretan 50 makanan vegetarian terbaik loh. 

Mendoan ini merupakan camilan dengan bahan utama kedelai yang dibuat menjadi tempe dengan permukaan yang tipis. Kemudian digoreng setengah matang dengan baluran tepung. Karena dibuat dengan bahan dasar kedelai inilah yang membuat tempe mendoan menjadi makanan pengganti daging yang populer untuk kalangan vegetarian. 

Jika menikmati kurang nikmat jika tanpa cocolan sambal kecap. Di Banyumas sendiri, tempe mendoan bisa dengan mudah ditemui di mana saja. Mulai dari penjual kaki lima hingga di restoran bintang lima. 

2. Sayur Asem

Tak hanya medoan yang masuk dalam jajaran kuliner vegetarian terbaik, namun sayur asem yang berasal dari Jawa juga masuk kategori tersebut. Sayur asem bisa menjadi rekomendasi makanan vegetarian yang bisa dicoba. 

Sayu asem sendiri merupakan sajian berkuah segar yang di dalamnya berisi banyak macam sayuran. Mulai dari jagung manis, kacang panjang, melinjo, labu siam, hingga nangka muda. Yang menjadi daya tarik dari sayu asem yaitu kuahnya yang sangat khas karena diberi asam jawa atau tamarind. Asam jawa yang disajikan dalam makanan sangat bermanfaat untuk tubuh karena bisa menjadi antioksidan untuk membunuh virus hingga menjaga kesehatan jantung. 

Ketika ke Banyumas, sayur asem bisa kamu temukan di banyak rumah makan. Misalnya seperti di Waroeng Makan Bambu Asam, RM Sukorejo, RM Rindu Alam, dan masih banyak lagi. 

3. Sate Vegetarian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: