Pusat Jajanan Kuliner dan Cinderamata Jalan Bung Karno Dibangun

Pusat Jajanan Kuliner dan Cinderamata Jalan Bung Karno Dibangun

Pemkab Banyumas, bakal membangun kantong kuliner baru di kawasan Jalan Bung Karno yang ditarget rampung akhir tahun ini.-JUNI R/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab Banyumas berproses membangun pusat jajanan kuliner dan cinderamata di Jalan Bung Karno.

Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Gesang Tri Joko membenarkan informasi mengenai akan dibangunnya pusat jajanan kuliner dan cinderamata di Jalan Bung Karno tepatnya tidak jauh dari Pos Satpol PP Menara Teratai.

Sosialisasi pembangunan pusat jajajan kuliner dan cinderata sendiri sudah dilakukan lalu di gedung convention centre Menara Teratai.

"Prinsip Pemda menghargai para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini bertahan berjualan di sepanjang Jalan Bung Karno," katanya.

BACA JUGA:Water Cannon Diturunkan untuk Distribusi Air Bersih di Cilongok

Gesang menjelaskan meski demikian dirinya memohon maaf kepada para PKL di Jalan Bung Karno karena dengan keterbatasan anggaran Pemda maka pusat jajanan kuliner dan cinderamata tahun ini baru dibangun sebanyak 30 kios ditambah fasilitas umum seperti toilet.

Dengan alokasi dari APBD sebesar kurang lebih Rp 1,5 miliar, pembangunan pusat jajanan kuliner dan cinderamata dihandel langsung oleh dinas teknis.

"Kami hanya pada lingkup PKLnya saja. Teknis pembangunan di Dinas Pekerjaan Umum," terang dia.

Disinggung mengenai pendapatan daerah dari 30 kios pusat jajanan kuliner dan cinderamata di Jalan Bung Karno, untuk saat ini sementara belum dibahas apakah kepada PKL akan dikenakan sewa atau retribusi. Yang dapat dipastikan karena jumlah kios sangat terbatas maka dalam pengisian kios bakal dilakukan selektif.

BACA JUGA:Temuan Kasus TBC Banyak, Pemkab Cilacap Imbau Masyarakat Waspada

"Ada seleksi pada PKL. Tidak hanya dari sisi tingkat keterjualan tetapi juga ketelatenan dalam berjualan. Banyak PKL yang awalnya semangat berjualan di Jalan Bung Karno sekarang sudah tidak," pungkas Gesang. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: