Pelajari Beberapa Tips Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Pelajari Beberapa Tips Lolos Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Tips agar kamu lolos seleksi CPNS dan PPPK 2023.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Untuk kamu yang berminat mendaftar CPNS atau PPPK 2023, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengikuti ujian CPNS dan PPPK tersebut. 

Sekedar informasi, untuk pengumuman seleksi calon aparatur sipil negara atau biasa kita sebut CASN 2023 sudah dibuka sejak dua hari lalu tepatnya pada hari Selasa, 19 September 2023. Sementara untuk pendaftaran CPNS 2023 juga sudah dibuka kemarin tanggal 20 September 2023.

Kabarnya total jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 572.496, baik untuk pegawai pemerintah dengan kerja (PPPK) ataupun CPNS 2023. Pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK bisa kamu akses melalui SSCASN BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id.

Setiap pelamar CPNS dan PPPK 2023 tentunya beraharap agar bisa diterima menjadi PNS atau ASN di instansi yang diinginkan bukan? Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa lulus seleksi CPNS ataupun PPPK 2023. Berikut akan kami bahas beberapa tips lolos CPNS dan PPPK. 

BACA JUGA:Rekruitmen PPPK dan CPNS Resmi Dibuka, Yuk Intip Perbedaannya Sebelum Mendaftar!

BACA JUGA:CPNS dan PPPK 2023, Cara Daftar Beserta Syaratnya!

Tips Lolos CPNS dan PPPK 2023

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengikuti ujian CPNS dan PPPK. Berikut tips lolos CPNS dan PPPK 2023, yaitu:

1. Pelajari Soal-soal CPNS Tahun Sebelumnya

Tips lolos CPNS yang pertama yaitu kamu harus mau mempelajari soal-soal CPNS tahun sebelumnya. Oya kamu juga bisa mempelajari buku-buku yang berisi soal tes CPNS. 

Buku-buku tersebut bisa dengan mudah kamu dapatkan di toko-toko buku terdekat. Dengan kamu mempelajari soal-soal sebelumnya ini akan membantu kamu untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik.

2. Buat Rencana dan Target Belajar

Tips lolos CPNS selanjutnya adalah dengan membuat rencana dan target belajar CPNS. Kamu harus mulai mencoba membuat rencana belajar yang terstruktur, realistis, dan juga harus tetapkan target yang ingin kamu capai.

Tak hanya itu, kamu juga harus bisa mengerti materi-materi penting yang harus dikuasi, dan kamu juga harus bisa memprioritaskan materi yang dianggap lebih sulit atau membutuhkan waktu lebih banyak untuk dipahami.

BACA JUGA:Inilah 12 Penyebab Peserta Tidak Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2023

BACA JUGA:Buka Lowongan 296 Formasi PPPK, Pemkab Purbalingga Pastikan Seleksi Gratis

3. Diskusi dengan Orang Lain yang Sudah Pernah Ikut Ujian CPNS

Berdiskusi dengan orang-orang yang sudah pernah mengikuti ujian CPNS lebih dulu juga merupakan salah satu cara yang dapat membantu kamu menguasi soal. 

Pastikan untuk berdiskusi dengan orang yang menurut kama tepat dan jangan lupa untuk menyiapkan pertanyaan-pertanyaan spesifik agar dapat memperoleh jawaban yang detail dan bermanfaat untuk kamu.

4. Ketahui Durasi Ujian CPNS

Tips lolos CPNS yang selanjutnya yaitu kamu haru tau juga berapa lama durasi ujian CPNS. Karena mnajemen waktu merupakan hal yang sangat penting dalam hal mengerjakan tes ujian CPNS.

Perlu diingat bahwa kamu juga harus memahami durasi waktu yang tepat untuk mengerjakan setiap jenis soal dan juga membaginya secara efisien. Biasanya, waktu total yang diberikan untuk menyelesaikan tes SKD CPNS adalah 100 menit atau 1 jam 40 menit.

5. Belajar Secara Rutin

Terakhir, belajar secara rutin. Yap, semakin kamu rajin belajar, pastinya nanti akan semakin memudahkan kamu dalam mengerjakan soal-soal ujian CPNS. Saat ingin lolos CPNS atau PPPK, kamu tidak boleh menunda-nunda belajar, harus belajarlah secara teratur dan konsisten agar materi yang dipelajari bisa terserap dengan baik.

Selain itu, dengan belajar dari jauh-jauh hari akan membuat kamu menjadi lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tes CPNS ataupun PPPK.

Itu tadi beberapa tips lolos seleksi CPNS dan PPPK 2023. Semoga bermanfaat ya! (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: