Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

Getuk Goreng Sokaraja, Makanan Khas Banyumas yang Biasa Dijadikan Oleh-oleh

Getuk Goreng Makanan Khas Daerah Sokaraja Yang Sangat Terkenal-Pariwisata Provinssi Jawa Tengah-

Dengan proses di goreng juga membuat getuk goreng menjadi lebih awet dari getuk biasa. Karena ini juga yang membuat getuk goreng menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dibeli jika dalam perjalanan panjang.

Bahan Getuk Goreng

Getuk goreng sendiri tidak beda jauh dengan getuk biasa. Bahan utama getuk goreng adalah singkong. Di Sokaraja sendiri juga banyak sekali pohon singkong, selain itu singkong juga sempat menjadi makanan pokok.

Singkong tersebut di kukus dan di haluskan serta dicampuri bahan lainnya. Lalu bahan yang membuat getuk goreng manis adalah gula aren. Warna coklat dari getuk goreng juga di dapat karena gula aren yang dicampurkan.

Sedangkan warna cokelat dibagian luar karena getuk goreng diolah dengan proses di goreng. Setelah bahan sudah tercampur, adonan dibuat kecil-kecil. Sebelum digoreng adonan tadi diberi tepung terlebih dahulu, lalu di goreng hingga kecoklatan.

BACA JUGA:Capai Setengah Juta Mahasiswa, UT Adakan Tasyakuran

BACA JUGA:Pembayaran Ganti Rugi Pembangunan Kawasan Industri Cilacap Menyisakan Masalah, 8 Orang Warga Belum Setuju

Lalu getuk goreng yang matang ditiriskan dan dikemas dalam besek kecil dan siap untuk disantap atau di bawa pulang.

Kandungan Gizi Pada Getuk Goreng

Menurut Guru Besar Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian (TPHP) Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof. Dr. Ir. Agnes Murdiati M.S berkata, di dalam getuk goreng terkandung kalor, protein, karbohidrat, vitamin B khususnya dan juga mineral.

Prof. Dr. Ir. Agnes Murdiati M.S juga berkata bahwa getuk goreng Sokaraja kadar gulanya sudah kebih rendah dari 25 persen yang membuat getuk goreng menjadi lumayan awet. “jadi pengawetan alami dapat dilakukan dengan gula yang kadarnya agak tinggi, dan juga dengan garam.” Pada rabu (23/6) di kanal YouTube BPNB DIY.

Itu tadi adalah informasi mengenai makanan getuk goreng Sokaraja yang terkenal. Teruntuk kalian yang sedang berada di sekitar daerah Sokaraja boleh mencoba makanan satu ini di jamin ketagihan. (aru)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: