Baru Enam Juru Sembelih Halal (Juleha) Bersertifikasi Kompetensi di Banyumas

Baru Enam Juru Sembelih Halal (Juleha) Bersertifikasi Kompetensi di Banyumas

DPD juru sembelih halal (Juleha) Banyumas datang menggalang dukungan dari Kantor Kementerian Agama Banyumas, Selasa (19/9/2023) pagi untuk penyelenggaraan sertifikasi kompetensi dan bimbingan teknis bagi Juleha secara mandiri bulan depan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Masifnya informasi terkait kewajiban dimilikinya sertifikat halal pada produk pangan, belumii dmbangi dengan penambahan juru sembelih halal (Juleha) bersertifikat kompetensi yang signifikan di Kabupaten BANYUMAS.

Melihat kondisi tersebut, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Juleha Banyumas pada Selasa (19/9/2023), datang ke Kantor Kementerian Agama Banyumas membahas percepatan memperbanyak Juleha bersertifikat kompetensi dengan menyelenggarakan sertifikasi kompetensi dan bimbingan teknis.

Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Juleha Banyumas, Darmawan AP mengatakan, sertifikasi kompetensi dan bimbingan teknis Juleha secara mandiri bakal dilaksanakan di Kabupaten Banyumas bulan depan. Untuk peserta sertifikasi kompetensi bisa datang dari seluruh Indonesia terutama Pulau Jawa.

Sementara untuk peserta bimbingan teknis lebih difokuskan untuk peserta dari Banyumas. Dilaksanakan dua hari, biaya sertifikasi kompetensi Juleha sebesar Rp 2,75 juta per orang dan untuk bimbingan teknis Rp 350 ribu per orang.

BACA JUGA:Rute Trans Banyumas di Ajibarang Diusulkan Sampai Ke Pekuncen

BACA JUGA:Sempit, Kemacetan Jalan Pandansari Banyumas Dikeluhkan Warga

"Usai mengikuti sertifikasi kompetensi Juleha secara mandiri, peserta mendapat sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Halal Center Indonesia," katanya.

Darmawan menjelaskan, materi yang disampaikan ada 13 mata kompetensi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Juleha Indonesia. Peserta juga difasilitasi untuk praktek penyembelihan secara langsung di Rumah Potong Hewan (RPH) bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkannak) Banyumas.

Harapannya kedepan dengan terus dilaksanakannya sertikasi kompetensi Juleha dapat memenuhi kebutuhan Juleha yang bersertifikat kompetensi di Banyumas.

"Di Banyumas untuk jumlah Juleha bersertifikat kompetensi termasuk dengan peserta yang mengikuti sertifikat kompetensi bulan depan kami menargetkan hingga akhir tahun sudah ada 30 Juleha bersertifikat kompetensi," katanya.

Adapun jumlah Juleha bersertifikat kompetensi di Kabupaten Banyumas saat ini tercatat baru enam orang dan satu orang baru mengikuti sertifikasi kompetensi Juleha di Brebes.

"Pelaksanaan sertifikasi kompetensi dan bimbingan teknis Juleha mandiri tangggal 7 dan 8 Oktober. Sementara untuk pelaksanaan di tanggal 9 dan 10nya ada subsidi pembiayaan dengan nama-nama peserta yang telah ditentukan," pungkas Darmawan. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: