Rute Trans Banyumas di Ajibarang Diusulkan Sampai Ke Pekuncen

Rute Trans Banyumas di Ajibarang Diusulkan Sampai Ke Pekuncen

Rute Trans Banyumas diusulkan diperpanjang sampai ke arah Pekuncen seiring perkembangan kampus di Ajibarang.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Ibnu Sina Ajibarang mengusulkan untuk rute Bus Trans BANYUMAS diperpanjang sampai ke arah Kecamatan Pekuncen, Kabupaten BANYUMAS.

Perwakilan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Stikes Ibnu Sina, Aufa Rizka Azzumi mengatakan, Stikes Ibnu Sina sebagai satu-satunya kampus kesehatan di wilayah Kecamatan Ajibarang sedang mengajukan perubahan tingkat menjadi universitas. Jika awalnya hanya memiliki dua program studi, untuk tahun depan diajukan tambahan empat prodi.

"Saran dari kami untuk masukan transportasi di Ajibarang. Halte Trans Banyumas yang saat ini maksimal berhenti sampai SMP Negeri 1 Ajibarang dan Terminal Ajibarang dapat diperpanjang ke arah Pekuncen memfasilitasi lebih banyak guru, siswa dan mahasiswa," katanya.

Menanggapi usulan tersebut, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Banyumas Arif Akhmadi SSIT menjelaskan, terkait dengan sistem angkutan umum khususnya untuk Trans Banyumas, karena menjadi program Kementerian Perhubungan maka sudah terkunci untuk kilometer tempuhnya. Adapun rute Ajibarang-Purwokerto sendiri untuk kontraknya sudah terpenuhi.

BACA JUGA:15 Desa di Banyumas Akan Melangsungkan Pilkades Serentak, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Harga Bawang Merah di Pasar Sumpiuh Banyumas Anjlog

"Memungkinkan diperpanjang. Tetapi harus ada addendum kontrak. Addendum kontrak bisa di awal tahun 2024," terangnya.

Dilanjutkan, dengan perpanjangan rute Trans Banyumas ke arah Utara, paling tidak bus memutar sampai ke SPBU Ajibarang dan tidak pulang pergi melewati RSUD Ajibarang. Rute tersebut sebenarnya sesuai dengan usulan awal yaitu memutar sampai ke SPBU Ajibarang lalu ke Terminal Ajibarang dan kembali ke Purwokerto.

"Dulu usulannya begitu. Tetapi begitu deal-dealan dengan anggaran akhirnya kilometer tempuhnya yang terpenuhi hanya sampai pulang pergi melewati RSUD Ajibarang," pungkas Arif. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: