Sempat Berniat Mengakhiri Hidupnya, Kini Berhasil Membuka Lapangan Pekerjaan

Sempat Berniat Mengakhiri Hidupnya, Kini Berhasil Membuka Lapangan Pekerjaan

Sugiyo, saat mengerjakan pengecatan mobil di bengkel miliknya yang ada di Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga.-ADITYA/RADARMAS-

Sugiyo, Penderita Thalasemia Purbalingga yang Juga Pegiat Sosial Pengusaha Bengkel Cat Mobil di Purbalingga

Sugiyo, penderita penyakit Tlalasemia di Purbalingga, berhasil menjadi pengusaha yang mampu membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Bahkan, dia kini terkenal sebagai pegiat sosial yang menasional.  Bagaimanakah kisahnya?

ADITYA WISNU WARDANA, Purbalingga

Penderita Thalasemia atau kelainan darah bawaan di Kabupaten Purbalingga masih kerap menerima diskriminasi ataipun bullying di masyarakat, bahkan di lembaga pendidikan.

Hal itu terungkap dalam audensi antara DPRD Kabupaten Purbalingga dan Perhimpunan Orang Tua Penyandang Thalasemia (POPTI) Cabang Purbalingga, di Ruang Rapat Paripurna, akhir Agustus 2023.

Menyadari hal itu, Sugiyo (42), warga Desa Kalikajar, Kecamatan Kaligondang, Kabupaten Purbalingga, ingin mengubah stigma negatif penderita Thalasemia.

BACA JUGA:Nongkrong di Alun-Alun Banyumas 13 Remaja Digiring ke Polsek, Dua Remaja Malah Bohongi Polisi

BACA JUGA:Harga Bawang Merah di Pasar Sumpiuh Banyumas Anjlog

Dia berusaha menghapus stigma negatif, bahwa penderita Thalasemia tidak bisa produktif. Berkat ketekunannya, dia berhasil membuka bengkel cat mobil ternama di Purbalingga, yakni Gio's Paint.

Bahkan, kini dia bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Dia saat ini, memiliki lima karyawan yang bekerja bersamanya di bengkel cat yang didirikannya di depan rumahnya di RT 2 RW 8 Desa Kalikajar.

Dia mengungkapkan, keberhasilannya membuka bengkel cat mobil, yang memiliki banyak pelanggan tak hanya dari Kabupaten Purbalingga, tidaklah mudah.

BACA JUGA:Pendapatan Retribusi Purbalingga Turun, Maksimalkan Potensi PBB-P2

BACA JUGA:Desa Sindang Purbalingga Kekeringan, 300 KK di Enam RT Krisis Air Bersih

Sebab, sejak kecil dia harus merasakan "penderitaan" sebagai penderita Thalasemia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: