Lahan Bekas TPA Sampah Banjaran, Bojongsari Terbakar

Lahan Bekas TPA Sampah Banjaran, Bojongsari Terbakar

Dipadamkan : Petugas DLH dan Pemadam Purbalingga masih berjibaku memadamkan api dan titik api di lahan bekas TPA Banjaran, Kamis 14 September 2023 sore ini.-AMARULLAH/RADARMAS-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Lahan bekas Tempat Pemrosesa Akhir (TPA) sampah Banjaran Kecamatan Bojongsari, Kamis 14 September 2023 siang, terbakar. Diduga kuat, karena ada bekas warga membakar sampah di sekitar.

Hingga pukul 14.30, titik api masih tersebar  di beberapa lahan. Lokasi yang saat ini banyak ditumbuhi rumput dan tanaman yang daunnya kering, mudah menyulut api.

"Kami menduga kuat ada bekas bakaran sampah. Jadi itu kemungkinan penyebabnya," tegas Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purbalingga, Bambang Triono di lokasi.

BACA JUGA:Kekeringan Meluas, 29.373 Jiwa di Banyumas Alami Krisis Air Bersih

BACA JUGA:7 Hektar Lahan dan Hutan di Cilongok Hangus Terbakar

Pihaknya tetap menuntaskan titik api dengan bantuan kendaraan Pemadam Kebakaran Sat Pol PP Purbalingga. Satu unit kendaraan pemadam dan 1 unit kendaraan DLH.

"Prinsipnya kami tuntaskan sampai tidak ada titik api lagi. Karena rawan menyala lagi dan meluas," tegasnya.

Bambang juga meminta warga masyarakat siapapun tidak diperkenankan membuat perapian dengan maksud apapun di lokasi bekas lahan TPA Banjaran itu.

BACA JUGA:Mantap, Talenta Muda Cilacap Dapat Panggilan Pemusatan Latihan Timnas U-17

BACA JUGA:3 Menit Drone Diterbangkan, 20 Kendaraan di Purwokerto Kena Tilang ETLE

Ke depan, dinas akan memasang peringatan keras agar lahan bekas TPA tidak boleh untuk aktifitas yang berkaitan dengan perapian.

"Kami minta dengan sangat tidak boleh melakukan aktifitas yang berakibat kejadian seperti ini lagi. Kami akan tegur langsung jika masih membandel," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: