Kadus Tipar Kidul, Banyumas, Usul Tanah Milik Warganya yang Terdampak Longsor TPA Ajibarang Dibeli Pemkab

Kadus Tipar Kidul, Banyumas, Usul Tanah Milik Warganya yang Terdampak Longsor TPA Ajibarang Dibeli Pemkab

Kepala Dusun Satu Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, mengusulkan agar tanah satu warganya di RW VI yang sebagian terkena longsor bisa dibeli semua oleh pemkab banyumas.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kepala Dusun Satu Desa Tipar Kidul, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten BANYUMAS, mengusulkan agar tanah satu warganya yang sebagian terdampak longsor Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ajibarang di wilayah RW VI, seluruhnya bisa dibeli oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) BANYUMAS dengan harga yang tinggi.

Kepala Dusun Satu Desa Tipar Kidul, Dali Nurkholis mengatakan, harga tanah satu warganya di RW VI yang sebagian terdampak longsor TPA Ajibarang yang sempat ditawarkan ke Pemkab Banyumas melalui dinas teknis senilai Rp 40 juta per sangga atau per 70 meter persegi.

"Jika dihitung per ubinnya atau per 14 meter sekitar Rp 8 juta," katanya.

Dali menjelaskan, luas tanah satu warganya di RW VI yang ditawarkan kepada pemerintah ada lima sangga. Dari lima sangga tersebut atau 25 ubin dengan total luas kurang lebih 350 meter persegi tersebut, yang terdampak longsor TPA Ajibarang sepengetahuannya baru sekitar tiga ubin.

BACA JUGA:RDTR Perkotaan Ajibarang: Gali Masukkan dari Masyarakat

BACA JUGA:Besok Malam Bakal Ada Kentongan di Purwokerto, Ini Rutenya

"Dari dinas belum ada kejelasan jawaban," terang dia.

Pandangannya jika dari awal adanya TPA Ajibarang langsung dibangun pagar keliling yang kuat maka sampah di TPA dapat tertata rapi dan dibagian bawah TPA tetap terisi. Tidak miring dan menjadi seperti sebuah gunung yang ada lerengnya.

"Kemiringannya itu," pungkas Dali. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: