Tuntaskan Kemilikan Jamban Sehat, Desa Pasiraman Lor, Banyumas, Terima Bantuan 20 Ipal Individual

Tuntaskan Kemilikan Jamban Sehat, Desa Pasiraman Lor, Banyumas, Terima Bantuan 20 Ipal Individual

Bantuan 20 ipal individual di Balai Desa Pasiraman Lor, Pekuncen, Banyumas secepatnya didistribusikan pada penerima untuk ditanam.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab BANYUMAS melalui dinas teknis berkomitmen menuntaskan kepemilikan jamban sehat sampai 100 persen di desa-desa diantaranya Pasiraman Lor, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten BANYUMAS.

Pantauan Radarmas, bantuan sebanyak 20 ipal individual sudah datang di balai desa Pasiraman Lor pada Senin (11/9). Bertipe Sanfab ST 800, produk ipal individual bewarna hitam.

Kepala Dusun I Desa Pasiraman Lor, Slamet Riyadi mengatakan, bantuan sebanyak 20 ipal individual yang diterima Desa Pasiraman Lor bulan ini menjadi gelombang yang ketiga. Di gelombang pertama dan kedua, Pemerintah Desa Pasiraman Lor telah menerima sebanyak 54 ipal individual.

"Pasiraman Lor masih mendapat bantuan sampai gelombang III informasinya limpahan bantuan pada desa lainnya yang belum terserap," katanya, Senin (11/9/2023).

BACA JUGA:Warga RW V Grumbul Bojong Desa Kracak, Ajibarang, Banyumas Masih Butuh Dropping Air

BACA JUGA:Tiga Puskesmas di Wilayah Barat Banyumas Direakreditasi Bulan Ini

Slamet menjelaskan, untuk pemasangan ipal individual ke rumah penerima, saat ini telah dilakukan proses penggalian lubang di seluruh rumah secara swadaya. Diperkirakan sore ini ke-20 ipal individual sudah dapat didistrubusikan kepada warga untuk segera ditanam dan difungsikan.

"Tenaga pemasangan dari warga secara swadaya," terang dia.

Disinggung terkait kriteria penerima bantuan ipal individual tidak semua dari kalangan keluarga ekonomi tidak mampu. Dengan pertimbamgan tidak cukupnya luasan tanah yang dibutuhkan dan terkait kepemilikan tanah maka bantuan ipal individual dapat diberikan ke rumah yang belum memiliki ipal dari kalangan ekonomi mampu.

"Untuk bantuan ipal gelombang ketiga ini lebih banyak ke warga di wilayah dusun I," pungkas Slamet. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: