SK Bupati Banyumas Terbit, Kecamatan Somagede Evaluasi Inovasi Wisata

SK Bupati Banyumas Terbit, Kecamatan Somagede Evaluasi Inovasi Wisata

Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Wisata Pegunungan Kendeng dan Kawasan Sungai Serayu, Kecamatan Somagede koordinasi membahas evaluasi dan program kerja di Pendopo Watu Lintang.-Sekcam Somagede untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Wisata Pegunungan Kendeng dan Kawasan Sungai Serayu, Kecamatan Somagede melakukan evaluasi dan pembahasan program kerja.

Hal itu dilakukan setelah terbit SK Bupati Banyumas tentang inovasi Kendeng Bergema Serayu Semanger, dan Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Wisata Pegunungan Kendeng dan Kawasan Sungai Serayu.

Sekretaris Camat Somagede, Titi Cahyani mengatakan, sehubungan dengan hal tersebut maka mendesak adanya pembenahan kelembagaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesma) di wilayah Pegunungan Kendeng.

"Mendorong desa untuk alokasikan anggaran bidang wisata dan pemberdayaan masyarakat," kata Titi, Selasa (5/9).

BACA JUGA:Juara Dua Klasifikasi Rintisan Desa Wisata ADWI 2023, Pokdarwis Pekunden: Masih Banyak PR

BACA JUGA:Ekonomi Kreatif di Cilacap Terus Ditingkatkan Melalui Desa Wisata

Komunitas seperti petani durian, kopi dan lainnya juga menjadi perhatian. Supaya komunitas melakukan penataan wilayah dan kesiapan produk untuk menyambut tamu atau wisatawan.

Pembenahan kelembagaan Pokdarwis dan BUMDesma dinilai sangat perlu, untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Salah satunya apabila mengikuti lomba desa wisata.

Di wilayah Pegunungan Kendeng, tercatat dari tiga desa baru satu yang memiliki SK Pokdarwis yakni Klinting. Dua desa yang belum adalah Kemawi dan Tanggeran.

"Lomba desa wisata harus ada kepengurusan Pokdarwis yang merupakan bagian unit usaha dari BUMDesma," imbuh Titi.

BACA JUGA:Dulu Jadi Gudang Buangan Sampah, Kini Desa Banjaran Atasi Sampah

BACA JUGA:Petahana Pilkades Serentak 2023 Ada Tambahan Klausul

Baru-baru ini Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Wisata Pegunungan Kendeng dan Kawasan Sungai Serayu, Kecamatan Somagede melakukan pengecekan lokasi ke Watu Lintang di Klinting sebagai salah satu destinasi wisata. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: