Juara Dua Klasifikasi Rintisan Desa Wisata ADWI 2023, Pokdarwis Pekunden: Masih Banyak PR

Juara Dua Klasifikasi Rintisan Desa Wisata ADWI 2023, Pokdarwis Pekunden: Masih Banyak PR

Pokdarwis Desa Pekunden mengarak piala juara dua nasional klasifikasi rintisan desa wisata ADWI 2023 yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Senin (28/8).-Pokdarwis Pekunden untuk Radarmas-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Desa Pekunden Kecamatan Banyumas heboh di sepanjang jalan dari rumah joglo hingga kantor desa. Piala juara dua nasional Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 diarak, Senin (28/8/2023).

Desa Wisata Kreatif Pekunden menyabet juara dua nasional klasifikasi rintisan desa wisata ADWI 2023, yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sorak sorai warga di sepanjang jalan dari rumah joglo hingga kantor desa menyaksikan arak-arakan piala. Siswa sekolah turut serta memeriahkan acara.

Ketua 1 Kelompok Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pekunden, Winarko menuturkan, masih ada pekerjaan rumah (PR) yang harus digarap. Meski telah meraih penghargaan bergengsi.

BACA JUGA:Pemilihan Desa Wisata Terfavorit ADWI 2023 Dilakukan Lewat Voting, Pekunden Masuk dalam Nominasi

BACA JUGA:Pokdarwis Pekunden Targetkan Januari 2024 Desa Wisata Kreatif Pekunden Dikunjungi Wisatawan Asing

"Pekerjaan rumah antara lain memperkuat kemitraan," kata Winarko usai kegiatan mengarak piala.

Menurutnya, kemitraan dinilai penting untuk pengembangan desa wisata. Sehingga, jaringan bertambah luas. Sepulangnya menghadiri puncak ADWI 2023 di Jakarta, langsung mengagendakan untuk menjalin kemitraan.

Selain kemitraan, pekerjaan rumah lainnya bagi Pokdarwis adalah peningkatan fasilitas. Supaya pengunjung yang datang lebih betah berlama-lama di Desa Wisata Pekunden.

"Dengan meraih juara dua nasional ADWI 2023, semoga semakin banyak kunjungan," imbuh Winarko.

BACA JUGA:Bupati Purbalingga Minta Masyarakat Lestarikan Budaya Lokal

BACA JUGA:Lebih Ramai dari Tahun Lalu, 314 Kendaraan Mobil Hias Ikuti Karnaval HUT RI di Purwokerto

Sebagai informasi, Kemenparekraf mencatat di Indonesia terdapat 3.462 rintisan desa wisata. Sementara itu, sebanyak 75 desa wisata menjadi nominasi ADWI 2023. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: