Dinhub Banyumas Usulkan Rp 500 Juta untuk Penambahan Halte Trans Banyumas

Dinhub Banyumas Usulkan Rp 500 Juta untuk Penambahan Halte Trans Banyumas

Pelajar menunggu kedatang Bus Trans Banyumas di Halte KombasĀ (15/8/2023).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas, mencatat dari kebutuhan sekitar 200 halte Trans Banyumas baru terbangun 42 halte. Tahun depan, untuk memenuhi kebutuhan halte Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas mengusulkan anggaran Rp 500 juta.

"Jika terealisasi itu bisa untuk membangun sekitar 15 halte," kata Kepala UPTD Pengelola Sarana dan Prasarana Perhubungan Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas.

Taryono menuturkan, untuk realisasi usulan tersebut menurutnya akan sangat melihat kemampuan keuangan daerah. Selain itu, pihaknya juga tengah mengajukan usulan bantuan program pembuatan halte ke pemerintah pusat.

"Kita juga jalin kerjasama dengan pihak ketiga dan swasta. Terbaru hari ini diresmikan halte Trans Banyumas kampus UMP Purwokerto," ucapnya.

BACA JUGA:Mulai Sasar Sekolah, Target Aktivasi Tarif Khusus Trans Banyumas Capai 3.000 Pelajar dan Mahasiswa

BACA JUGA:Rute Berubah Sementara, Lima Halte Pengganti Untuk Koridor Trans Banyumas Disiapkan

Kolaborasi dengan pihak ketiga atau swasta ia jelaskan, menjadi salah satu upaya yang dilakukan untuk bisa menambah fasilitas halte Trans Banyumas.

"Langkah ketiga kita kirim ke pemerintah pusat, kita usulkan di Pasar Pon kita buat yang besar untuk bisa menjadi halte integrasi terhubung dengan pintu Barat stasiun," paparnya.

Lanjut, fasilitas halte menurutnya diperlukan agar penumpang Trans Banyumas bisa nyaman dalam menunggu bus.

"Haltenya ada bebrepa tipe. Disesuaikan dengan ketersediaan lahan. Biar lebih representatif. Harapannya ada ruang tunggu," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: