Pawai Budaya Dipadati Ribuan Warga, Peserta Tampilkan Berbagai Seni dan Budaya

Pawai Budaya Dipadati Ribuan Warga, Peserta Tampilkan Berbagai Seni dan Budaya

Jalannya Pawai Budaya yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga dalam rangka HUT ke 78 Kemerdekaan RI. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA-RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Indonesia selain harus berdikari secara ekonomi, berkedaulatan di bidang politik juga harus berkepribadian dalam kebudayaan.

Hal itu diungkapkan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, saat Pawai Budaya dalam rangka HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kabupaten Purbalingga Tahun 2023, Sabtu, 19 Agustus 2023.

Menurut Bupati hal itu sesuai dengan tema kegiatan pawai budaya, yakni Mewujudkan Purbalingga Maju dan Berkebudayaan.

"Dengan tema kali ini, diharapkan masyarakat Purbalingga tidak hanya mencintai tanah air. Akan tetapi juga mencintai terhadap tradisi budaya," katanya.

BACA JUGA:Keputusan Penghapusan Honorer Tunggu Perintah Resmi, Begini Penjelasan BKPSDM Purbalingga

Dia menambahkan, tema tersebut dipilih sebagai wujud semangat kemerdekaan. Serta budaya yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Sementata itu, terlihat masyarakat sangat antusias untuk menyaksikan Pawai Budaya. Ribuan masyarakat memadati sepanjang rute pawai budaya tersebut.

Dalam kesempatan itu, sebanyak 152 peserta yang ikut sebagian besar menampilkan tema budaya, adat dan juga seni.

Diantaranya seperti Seni Karawitan, Ebeg, Lengger, Begalan, aneka tari tradisional, Ujungan, serta Kenthongan. Tak hanya itu, sejumlah pakaian adat dari sejumlah daerah juga ditampilkan para peserta.

BACA JUGA:Meluas, Jumlah Desa di Purbalingga yang Kekurangan Air Bersih Terus Bertambah

Peserta, berasal dari OPD/instansi, BUMD, Sekolah, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Keagamaan, dan sebagainya. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: