Batas Usulan Perpanjangan Sertifikat Madrasah Adiwiyata Sampai 30 Agustus

Batas Usulan Perpanjangan Sertifikat Madrasah Adiwiyata Sampai 30 Agustus

Siswa dan guru MTs Negeri 3 Banyumas menjalankan sejumlah program Adiwiyata dan memastikan lingkungan madrasah selalu bersih dan hijau dengan menanam berbagai tanaman dan menjaga kebersihan.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas mendorong puluhan madrasah adiwiyata negeri dan swasta segera mengusulkan perpanjangan madrasah adiwiyata sebelum 30 Agustus tahun ini.

Data yang dihimpun Radarmas, ada sekitar 6 Madrasah Aliyah (MA), 14 Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 7 Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang telah mengantongi sertifikat adiwiyata dengan mayoritas pada tingkat kabupaten. Dari 27 madrasah adiwiyata hanya satu madrasah dengan sertifikat adiwiyata pada tahun 2022 dan lainnya pada tahun 2019 kebawah.

Kepala Kantor Kemenag Banyumas, H Ibnu Asaddudin, SAg MPdI melalui pelaksana Seksi Pendidikan Madrasah, Patiman mengatakan dalam rakor persiapan sekolah dan madrasah adiwiyata bersama Dinas Lingkungan Hidup Banyumas diketahui masa berlaku sertifikat penghargaan adiwiyata bagi madrasah selama empat tahun.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pengusulan perpanjangan madrasah adiwiyata yaitu 3 bulan sebelum berakhirnya Surat Keputusan (SK) penghargaan.

BACA JUGA:Kemenag Banyumas Ajukan Redistribusi Penempatan Guru PPPK Madrasah

BACA JUGA:Seluruh Madrasah Didorong Buka Halaman Aduan Online

"Batas akhir usulan perpanjangan madrasah adiwiyata sampai tanggal 30 bulan ini," terang dia.

Patiman mendorong seluruh madrasah adiwiyata di Banyumas dengan sertifikat penghargaan tahun 2013 sampai 2019 untuk mengusulkan perpanjangan sertifikat. Dari puluhan madrasah adiwiyata (MI, MTs dan MA) hanya satu madrasah dengan sertifikat adiwiyata diatas tahun 2019.

"Madrasah adiwiyata yang wajib mengusulkan perpanjangan yaitu yang sertifikatnya tahun 2013 hingga 2019," terang dia.

Disinggung terkait pentingnya adiwiyata bagi madrasah, dengan madrasah mengantongi sertifikat adiwiyata dapat mendukung usaha kesehatan madrasah dan mendukung madrasah sehat.

"Selain untuk mendukung Banyumas meraih penghargaan Adipura," pungkas Patiman. (yda)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: