Sebagian Warga Grumbul Kalisari Desa Jingkang Ajibarang Kesulitan Terpal Untuk Bak Penampungan Air

Sebagian Warga Grumbul Kalisari Desa Jingkang Ajibarang Kesulitan Terpal Untuk Bak Penampungan Air

Yudha Iman Primadi/Radarmas-Bak penampungan air kedua yang dibuat oleh warga RT 4 RW 2 Grumbul Kalisari Desa Jingkang Ajibarang, Selasa (15/8) siang.-Yudha Iman Primadi/Radarmas-

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Musim kemarau yang masih melanda Banyumas membuat warga Desa Jingkang Ajibarang di Grumbul Kalisari kesulitan air bersih.

Pantauan Radarmas di wilayah RT 4 RW 2 Grumbul Kalisari Desa Jingkang Ajibarang tidak sampai terjadi krisis air bersih. Kesulitan air yang dialami warga karena dengan wilayah yang lebih tinggi dibandingkan bak penampung, air yang mengalami penurunan debit saat musim kemarau tidak bisa naik mengalir sampai ke rumah-rumah warga.

Ketua RT 4 RW 2 Grumbul Kalisari Desa Jingkang, Ditam mengatakan tidak terjadi krisis air seperti informasi yang beredar. Yang terjadi warga mengalami kesulitan air karena kendala penyaluran dari bak penampungan Pamsimas ke rumah warga.

BACA JUGA:Musim Kemarau, 209 Jiwa di Desa Jingkang Ajibarang Alami Krisis Air Bersih

"Bak penampung juga sudah ditinggikan. Karena masih dalam musim kemarau ditambah geografis Kalisari di wilayah tinggi, air tidak semuanya naik mengalir ke rumah-rumah warga," katanya ditemui Radarmas, Selasa (15/8).

Disinggung terkait adanya aduan dalam Lapor Gubernur terkait kesulitan air tersebut, dimungkinkan dari pengadu yang baru mengenal media sosial. Dirinya sepakat aduan seharusnya dikonsultasikan dahulu kepada pemerintah desa. Selain itu di tahun-tahun sebelumnya juga di Grumbul Kalisari tidak terjadi kesulitan air seperti tahun ini.

"Tahun-tahun sebelumnya tidak sampai kesulitan air. Disini (RT 4 RW 2) sebenarnya tidak kekurangan air," terang Ditam.

Adapun jumlah bak penampungan semi permanen yang akan dibuat oleh warganya ada enam unit. Sampai Selasa (15/8) siang di lokasi baru tiga bak penampungan semi permanen yang sudah dibuat. Sebagian warga lainnya masih kesulitan terpal untuk membuat bak penampungan.

"Harapannya secepatnya bantuan air bersih dari kabupaten dapat disalurkan ke bak penampungan," pungkasnya. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: