251 Ruas Jalan di Purbalingga Diperbaiki Tahun Ini

251 Ruas Jalan di Purbalingga Diperbaiki Tahun Ini

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga mentargetkan ada 251 ruas jalan kabupaten akan diperbaiki. Perbaikan jalan tersebut dilakukan melalui pemeliharaan berkala dan rutin.

Rencana perbaikan halan itu diungkapkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, dalam Rapat Paripurna di Ruang Rapat Paripurna DPRD.

"Target ruas jalan yang akan dilakukan pemeliharaan berkala dan rutin pada Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023 sebanyak 251 ruas, dengan anggaran sebesar Rp 19,9 miliar," kata Bupati.

Bupati menjelaskan, tahun 2023, kondisi jalan dalam kondisi mantap adalah sepanjang 649,397 kilometer atau 73,12 persen dari total jalan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

BACA JUGA:Debit Bendung Slinga Mulai Turun, Ini Dampaknya

Hal itu menurutnya di atas rata-rata nasional. Sebab, rata-rata tingkat kemantapan jalan kabupaten / kota di Indonesia adalah 66 persen.

Permasalahan jalan menurutnya, terjadi di daerah lain.  "Setiap daerah saat ini mengalami permasalahan jalan yang sama," lanjutnya.

Dengan anggarab pemeliharaan jalan Rp 19,9 miliar, diharapkan akan mampu meningkatkan kondisi jalan mantap di Purbalingga menjadi 74,5 persen.

Bupati menambahkan, ada Perubahan APBD 2023 ini, Pemkab Purbalingga juga mulai mempersiapkan penyusunan perencanaan jalan untuk tahun 2024 mendatang.

BACA JUGA:Hingga Agustus 2023, Polres Purbalingga Terima 25 Laporan Polisi Terkait Kejahatan Perempuan dan Anak

"Anggaran penyusunan perencanaan jalan tahun 2024, adalah kegiatan untuk mencukupi readiness criteria usulan DAK dan Inpres jalan," tambahnya.

Yakni, dengan besaran anggaran sebesar Rp 440 juta untuk menyusun perencanaan 10 ruas jalan.

Diungkapkan, untyj pekerjaan konstruksi tahun 2023 di Purbalingga yang harus melalui mekanisme tender ada sebanyak 57 paket.

Dari jumlah tersebut, hingga kini sudah masuk proses lelang atay tender sebanyak 53 paket. Dimana 46 paket di dalamnya sudah selesai lelang atau tender. (tya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: