Debit Bendung Slinga Mulai Turun, Ini Dampaknya

Debit Bendung Slinga Mulai Turun, Ini Dampaknya

Debit : Debit air bendung Slinga yang mulai turun sejak sebulan lalu hingga saat ini. (Amarullah Nurcahyo/Radar Banyumas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO.ID- Debit air dari Bendung/Saluran Irigasi Slinga, Kaligondang, dalam beberapa pekan terakhir mulai turun. Saat ini penurunan sesuai indikator di bangunan bendung mencapai maksimal 30 sentimeter.

 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga, Mukodam,Senin 14 Agustus 2023 sore menjelaskan, berdasarkan hasil pengamatan dan hasil koordinasi dengan petugas bendung, kondisi kemarau yang sudah mulai terasa.

 

Yaitu dengan tidak turunnya hujan sekitar 1 bulan, mempengaruhi debit air bendung "Terjadi penurunan permukaan air di bendung sekitar 30 cm. Penurunan permukaan air ini tentu mempengaruhi kemampuan oncoran lahan pertanian," tuturnya.

 

Sementara itu, berdasarkan studi dan kajian awal rencana Pembangunan Bendung Slinga oleh Pemerintah Pusat, setelah selesai pembangunanya secara total, akan mampu mengairi lahan sawah seluas 6.000 hektar.

 

BACA JUGA:Sejumlah Fraksi di DPRD Soroti Raperda Perubahan APBD Purbalingga 2023

 

Berdasarkan jalur saluran irigasi primer dan sekunder Bendung Slinga yang masih sedang dalam proses pembangunan, yang sudah sempat mengalir secara bertahap pada saluran sayap kiri, telah dimanfaatkan untuk menambah kecukupan air lahan sawah yang selama ini masih kurang.

 

"Dengan penurunan debit tentu kecukupan airnya akan menurun, namun masih bisa diatasi oleh petani," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: