Seniman Cilacap Butuh Wadah untuk Berkreasi

Seniman Cilacap Butuh Wadah untuk Berkreasi

Seniman Cilacap memberikan lukisan kepada Gubernur Ganjar saat berkunjung ke Cilacap Jumat 11 Agustus 2023-Guruh untuk Radarmas-

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Seniman Cilacap membutuhkan wadah untuk berkreasi. Dan sampai sekarang diKabupaten Cilacap belum memiliki gedung kesenian. Hal tersebut disayangkan oleh sejumlah Seniman Cilacap.

Sejak tahun 2018 Pemerintah Kabupaten Cilacap berwacana hendak membangun gedung kesenian. Namun realisasi tersebut urung direalisasikan hingga saat ini.

Salah satu seniman Cilacap, Suhadi Gembot mengatakan, para seniman di Kabupaten Cilacap berharap bisa diberikan wadah untuk menunjang kreativitas seni mereka. 

BACA JUGA:Sukendar, Seniman Banyumas yang Tembus Mancanegara, Keliling Tiga Benua dan Kenalkan Kesenian Tradisional

"Beberapa waktu lalu, saya mendampingi siswa dari SDLB Cilacap. Hasil lukisannya dipamerkan di Solo, dan mendapat juara serta apresiasi. Artinya, Cilacap masih membutuhkan wadah untuk para seniman lokal agar bisa terus berekspresi," ujarnya. 

Suhadi mengatakan, perlu diprioritaskan isi gedung tersebut yang berupa karya seni yang perlu didukung oleh seluruh penggiat seni Cilacap. 

"Apalah arti sebuah gedung jika isinya tidak memadahi. Karena gedung tanpa isi yang memadahi malah jadi angker," ujarnya.

BACA JUGA:Kesenian Cilacap Dikembangkan, Cilacap Kerjasama dengan ISI Surakarta

Selain itu, untuk menunjang perkembangan seni di Cilacap, perlu diperbanyak event seni. Seperti yang belum lama ini diselenggarakan di Desa Banjarwaru, Kecamatan Nusawungu. 

"Harapan seniman Cilacap, agar Pemerintah Kabupaten Cilacap bisa lebih perhatian. Karena sampai saat ini memang wadah untuk menunjang keberlangsungan seni di Cilacap belum terealisasi," ujarnya. 

Sementara itu, Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar mengatakan, pihaknya akan terus mengoptimalkan kegiatan seni di Cilacap. Serta menata kembali wadah bagi seniman di Cilacap.

BACA JUGA:Cepetan, Kesenian Tradisional yang Mulai Langka, Dihelat pada Hajatan Khitanan

"Kita akan memikirkan untuk membangun gedung seni di Kabupaten Cilacap. Untuk saat ini masih ada Graha Pemuda bisa digunakan untuk kegiatan seni," ujarnya.

Pihaknya pun berharap, ke depan kesenian di Cilacap bisa lebih baik. Serta para seniman di Cilacap bisa saling support. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: