Rekomendasi Tempat Asyik Belajar Benda Pra Sejarah di Banyumas

Rekomendasi Tempat Asyik Belajar Benda Pra Sejarah di Banyumas

Pemandu wisata Museum Wayang Banyumas menunjukkan koleksi kapak batu neolitikum masa pra sejarah temuan di Desa Papringan Kecamatan Banyumas. -Fijri Rahmawati/Radar Banyumas-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Siswa sekolah yang di tahun ajaran 2023/2024 ini ada materi tentang masa pra sejarah. Kurang afdol rasanya ketika melihat benda-benda masa pra sejarah hanya dari buku pelajaran.

Radar Banyumas mempunyai rekomendasi tempat belajar asyik yang tak hanya teori tentang contoh benda masa pra sejarah. Kamu yang suka mempelajari sejarah bakal terpuaskan rasa penasaran.

Nama tempat belajar yang asyik ini adalah Museum Wayang Banyumas. Lokasinya ada di Komplek Kantor Kecamatan Banyumas. Tidak jauh dari Alun-alun Banyumas yang ada monumen pesawat tempurnya.

Di Museum Wayang Banyumas, kamu dapat melihat dengan jelas benda-benda dari masa pra sejarah. Diantaranya adalah kapak batu neolitikum.

Era neolitikum merupakan zaman batu muda pada periode masa pra sejarah. Fase revolusi kebudayaan dalam peradaban manusia. Ketika itu, alat-alat yang terbuat dari batu sudah dihaluskan.

Benda masa pra sejarah kapak batu neolitikum itu dipajang di ruangan koleksi non wayang. Ruangan terpisah dari gedung utama Museum Wayang Banyumas.

Bilang saja ke pemandu wisata kalau ingin mengetahui tentang seluk beluk kapak batu neolitikum dari masa pra sejarah. Pasti dengan senang hati akan memberikan penjelasan.

Kapak batu neolitikum masa pra sejarah ditemukan di Desa Papringan Kecamatan Banyumas oleh perajin batu bata. Dari penemuan itu, terindikasi adanya kehidupan manusia pra sejarah di Banyumas.

Kamu bahkan bisa memperhatikan detail bentuk hasil karya manusia zaman pra sejarah di Banyumas secara langsung. Kapak batu memiliki permukaan halus dengan salah satu ujung runcing.

Secara usia, benda dari masa pra sejarah yaitu kapak batu neolitikum menjadi koleksi tertua yang ada di Museum Wayang Banyumas.

Menarik sekali, ya, menelusuri jejak peradaban pra sejarah di Banyumas lewat bukti nyata. Apalagi benda pra sejarah itu ada di Museum Wayang Banyumas yang aksesnya sangat mudah dan terjangkau. Bahkan harga tiket masuknya cuma seribu rupiah dan tanpa membayar parkir.

Penasaran dengan hasil karya manusia zaman pra sejarah di Banyumas? Tak hanya untuk edukasi siswa sekolah. Museum Wayang Banyumas juga asyik untuk wisata keluarga. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: