Ini Skenario Hari Ketiga Operasi SAR 8 Penambang yang Terjebak di Tambang Emas Ilegal Ajibarang

Ini Skenario Hari Ketiga Operasi SAR 8 Penambang yang Terjebak di Tambang Emas Ilegal Ajibarang

Tim SAR gabungan saat melaksanakan apel dan briefing sebelum memulai operasi SAR di hari ketiga, Jumat (28/7/2023).-AHMAD ERWIN/RADARMAS-

BANYUMAS, RADAR BANYUMAS - Operasi SAR 8 orang penambang yang terjebak di dalam lubang galian tambang emas ilegal di Desa Pancurendang Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, sudah masuk hari ketiga, Jumat (28/7/2023).

Tim SAR gabungan kembali menyusun sejumlah skenario penyelamatan. Operasi pun kembali dilanjutkan diawali melaksanakan briefing kekuatan personil, SOP, dan petunjuk kerja di Posko SAR Gabungan pukul 07.00 WIB.

Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator, Adah Sudarsa mengatakan, dari operasi yang telah dilakukan selama 2 hari dilakukan beberapa evaluasi.

BACA JUGA:Hasil Hari Kedua Evakuasi Masih Nihil, Tim SAR Gabungan Akui Masih Banyak Hambatan

Dan untuk rencana operasi SAR Jumat (28/7/2023) hari ini, Tim SAR gabungan akan dibagi menjadi 5 tim kerja.

"Rencana operasi SAR hari ini adalah Tim SAR gabungan dibagi menjadi 5 Worksite. Dengan rincian diantaranya Worksite A-1 berlokasi di Sumur Bogor," katanya.

Sumur bogor atau lubang galian Bogor ialah tempat 8 penambang terjebak.

Kemudian tim kerja atau Worksite A-2 berlokasi di Sumur Dondong, Worksite A-3 berlokasi di Penyedotan Sumur I, Worksite A-4 berlokasi di Penyedotan Sumur II, dan Worksite A-5 berlokasi di Bendungan Sungai.

BACA JUGA:Evakuasi 8 Penambang Terjebak di Tambang Emas Ajibarang, Danlanal Cilacap : 3 Kopaska Akan Bantu Penyelaman

"Dengan uraian tugas untuk melaksanakan penyedotan air menggunakan submersible yang lebih besar lagi. Menutup titik-titik lokasi yang dicurigai adanya kebocoran menuju lubang galian," jelasnya.

Selain upaya penyedotan tersebut untuk, menurutnya, Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah juga akan kembali menurunkan camera hole ke lubang galian Bogor.

"Ini untuk memastikan debit penambahan air guna menghitung lama kerja," tutupnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: