Gerakkan Ekonomi di Purbalingga, Pemkab Jajaki Kerjasama dengan PIP Kemenkeu RI

Gerakkan Ekonomi di Purbalingga, Pemkab Jajaki Kerjasama dengan PIP Kemenkeu RI

Audensi antara BLU PIP Kemenkeu RI dengan Bupati Purbalingga di Ruang Rapat Bupati. (ADITYA/RADARMAS)--

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, tengah menjajaki kerjasama program pembiayaan usaha Ultra Mikro atau UMi). Kerjasama tersebut akan menggandeng Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Investasi Pemerintah (PIP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI. 

 

Imaduddin Direktur Hukum dan Manajemen Resiko BLU PIP Kemenkeu RI mengatakan, kerjasama tersebut akan memberikan modal berbunga rendah untuk pelaku usaha yang kesulitan mengakses pinjaman perbankan.

 

“Lembaga kami bertugas melakukan koordinasi pembiayaan usaha mikro, kecil dan menengah. Fokus pada program ini adalah untuk usaha ultra mikro atau pembiayaan UMi,” ujarnya, saat audiensi di Ruang Rapat Bupati, Selasa, 25 Juli 2023.

 

Dia menjelaskan, pembiayaan UMi ini berbeda dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang disalurkan oleh perbankan. “Pembiayaan UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB). Yakni, seperti koperasi atau BUMDes yang membentuk LKM,” jelasnya.

 

BACA JUGA:Produl UMKM Dijadikan Buah Tangan Tamu Luar Daerah Oleh Pemkab Purbalingga

 

Dia menambahkan, peserta program ini adalah pelaku usaha ultra mikro yang memang belum bisa atau mengalami kesulitan dalam pembiayaan dari perbankan. Serta, rawan menjadi sasaran rentenir. 

 

Dia mengungkapkan, pembiayaan UMi tidak mensyaratkan agunan, serta prosesnya lebih mudah dan bunganya rendah. “Syaratnya, mempunyai usaha, memiliki KTP dan tidak sedang menerima KUR atau pinjaman dari perbankan,” ungkapnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: