Warga Dusun Gunung Malang Desa Serang Mulai Menikmati Bantuan Air Bersih

Warga Dusun Gunung Malang Desa Serang Mulai Menikmati Bantuan Air Bersih

BPBD Purbalingga saat menyalurkan bantuan air bersih di Gunung Malang, Desa Serang. (BPBD Purbalingga untuk Radarmas)--

PURBALINGGA,RADARBANYUMAS.CO
ID- Ratusan Kepala Keluarga (KK) di Dukuh Gunung Malang Desa Serang Kecamatan Karangreja, sejak dua hari kemarin mulai dibantu air bersih. Dua hari kemarin sudah 3 tangki total kapasitas 15 ribu liter.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purbalingga, Priyo Satmoko, Senin 24 Juli 2023 sore menjelaskan, pihaknya menerima pemberitahuan dari wilayah jika warga di Gunung Malang membutuhkan air bersih.

Sehingga langsung dikirim hari kedua ini satu tangki lagi. Ia mengimbau agar masyarakat juga berupaya memaksimalkan sumber air yang ada di sana.

"Kabarnya ada sambungan air Bantuan Gubernur, namun rusak dan belum terpakai lagi. Hanya saja, karena minta bantuan, kami bantu air bersih," katanya.

BACA JUGA:Bapak di Purbalingga Tega Hamili Anak Kandungnya

Pihaknya juga melihat warga di sana mampu mendatangkan tangki air bersih dari pihak lain yang katanya bantuan sosial.

"Baru kali ini ada desa yang minta bantuan air bersih. Sebelumnya, saat masuk kemarau ini belum ada yang mengajukan," tambahnya.


Kepala Desa Serang Sugito menjelaskan, sebenarnya masih ada saluran air bersih bantuan gubernur yang belum optimal. Karena warga ada yang tidak bersedia iuran pemeliharaan saluran bulanan.

BACA JUGA:4.839 Pelanggaran Ditemukan Selama Operasi Patuh Candi 2023, Sepeda Motor Mendominasi

"Hanya 50 persen yang masih mau "ngurusi" pipa air bersih Ban Gub itu. Karena biaya pemeliharaan tinggi, akhirnya tidak terurus," tegasnya.

Tak hanya itu, tahun 2023 ini sebenarnya desanya dapat Hibah Insentif Desa (HID) air bersih dari pusat. Tapi warga tidak sabaran. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: