Antisipasi Penerima Ganda, Dinas Pendidikan Banyumas: Pencairan KBP Tunggu Pencairan KIP Selesai

Antisipasi Penerima Ganda, Dinas Pendidikan Banyumas: Pencairan KBP Tunggu Pencairan KIP Selesai

ilustrasi kartu banyumas pintar-DOK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID  - Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, saat ini belum bisa melakukan pencairan Kartu Banyumas Pintar (KBP). Pasalnya, pencairan KBP bisa dilakukan ketika pencairan Kartu Indonesia Pintar (KIP) selesai dicairkan.

"KBP kita tidak bisa dicairkan, jika KIP belum selesai dicairkan. Karena dikhawatirkan terjadi dobel penerima," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Ichya Mahluqie.

Ia menambahkan, untuk proses pencairan KIP dilakukan sepanjang tahun. Dengan catatan, penerima KIP sudah melakukan aktivasi pencairan.

"Aktivisasi dari pemegang rekening, dengan surat pengantar dari masing-masing sekolah," ucapnya.

BACA JUGA:Tahun Ini, 1.434 Pelajar SMP di Banyumas Bakal Terima KBP

KBP sendiri merupakan program dari pemerintah daerah yang bertujuan membantu meringankan beban biaya pendidikan dari keluarga yang kurang mampu.

"Penerima KIP akan mendapatkan Rp 450 ribu. Kalau KBP Rp 500 ribu," terangnya.

Berkaca dari pengalaman tahun lalu, pencairan KBP bakal dilakukan di akhir tahun. Di akhir tahun, diproyeksi pencairan KIP telah selesai dilaksanakan.

"Penerima KBP diusulkan dari sekolah. Jika anak tersebut memang tidak mampu bisa mendapatkan KBP setiap tahun," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: