Tahun Ini, 1.434 Pelajar SMP di Banyumas Bakal Terima KBP

Tahun Ini, 1.434 Pelajar SMP di Banyumas Bakal Terima KBP

JFT Widya Prada, Purnomo Hesti.-DOK RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas tahun ini mencatat ada 1.434 penerima Kartu Banyumas Pintar (KBP) untuk jenjang SMP. Jumlah itu meningkat dibandingkan tahun lalu dengan 1.263 penerima KBP. 

"Setiap tahun usulan kita selalu tambah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Joko Wiyono melalui JFT Widya Prada, Purnomo Hesti. 

Purnomo menambahkan, KBP bertujuan untuk membantu keluarga yang kurang mampu agar tetap bisa mengakses layanan pendidikan. Nominal bantuan untuk KBP diberikan satu tahun sekali, dengan nominal Rp 800 ribu. 

BACA JUGA:Enam Kades Bacaleg di Banyumas Diberhentikan Pada 22 September

"Sebelum September kita berusaha untuk bisa mencairkan," ujarnya. 

Dikatakan, bantuan KBP digunakan untuk membeli peralatan dan kebutuhan sekolah dan tidak diperkenankan untuk membeli barang yang sifatnya konsumtif. 

"Kontrolnya kita minta kuitansi. Melalui sekolah mereka melaporkan penggunaan bantuan tersebut dengan bukti kuitansi," terangnya. 

Lebih lanjut dikatakan, untuk usulan KBP tahun depan pihaknya berharap bisa lebih banyak lagi. Namun, hal tersebut ia sampaikan, sangat bergantung dengan kemampuan keuangan daerah. 

"Kami berharap bisa bertambah, karena banyak masyarakat yang sering mengeluh dan mengadu," pungkasnya. (aam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: